MENU TUTUP

Kementrian Ketenagakerjaan Bangun BLK ke-18 di Banyuwangi

Ahad, 08 Juli 2018 | 06:37:21 WIB | Di Baca : 1292 Kali
Kementrian Ketenagakerjaan Bangun BLK ke-18 di Banyuwangi

SeRiau - Kementrian Ketenagakerjaan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Banyuwangi yang bisa menampung 3.000 orang setiap tahunnya.

BLK yang berada di Kecamatan Muncar tersebut dibangun sejak 2014 lalu dan mulai beroperasi pada September 2018.

"Kalau di Indonesia ada sekitar 300-an balai latihan kerja, namun yang dikelola langsung oleh pemerintahan pusat ada 17 dan di Banyuwangi ini yang ke 18. Tipe A. Semuanya tersebar di Indonesia," kata Menteri Ketenagerjaan Muhammad Hanif Dhakiri, Jumat (6/7/2018).

Menurut Hanif, ada enam jenis pelatihan yang ada di BLK Banyuwangi, antara lain mekanik, otomotif, teknologi informasi, garmen, perhotelan, pariwisata, dan pertanian.

Khusus untuk BLK di Banyuwangi, ia melanjutkan, jurusan pariwisata yang akan menjadi andalan. Pasalnya, Banyuwangi tengah gencar mengembangkan sektor pariwisata.

"Nanti kita akan bekerjasama dengan pelaku industrinya termasuk untuk instruktur. Kita akan kasih ruang agar mereka yang ada di sini langsung dilatih skill-nya sesuai dengan kebutuhan di lapangan," kata dia.

Pembangunan BLK untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia dan meningkatkan jumlah tenaga ahli yang ada di Indonesia.

Saat ini, 133 juta orang atau 60 persen angkatan pekerjaan di Indonesia masih lulusan SD dan SMP. Dengan kondisi itu, pemerintah meningkatkan kemampuan para pekerja melalui BLK

"Dari segi kualitas, kita ini ada, tapi dari kuantitas dan penyebaran masih kurang. Contohnya di Banyuwangi ini. Kita akan kesulitan jika membutuhkan 100 orang tukang las yang bersertifikat internasional. Jika satu ada dua, pasti ada, tapi untuk butuh banyak (sulit). Jadi kita perlu menggenjot skill yang ada untuk meningkatkan daya saing," ujarnya.


Sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid