MENU TUTUP
Piala Dunia 2018

Inggris Singkirkan Kolombia lewat Adu Penalti

Rabu, 04 Juli 2018 | 04:08:46 WIB | Di Baca : 1086 Kali
Inggris Singkirkan Kolombia lewat Adu Penalti

 

SeRiau - Inggris melangkahkan kaki ke perempatfinal usai mengandaskan Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Otkrytiye Arena, Rusia, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB. The Three Lions -julukan Timnas Inggris- secara dramatis menyingkirkan Kolombia melalui babak adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Inggris mengamankan tiket babak delapan besar setelah memenangkan babak adu penalti dengan skor 4-3. Kemenangan tersebut juga memastikan Inggris menjadi tim terakhir yang melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2018.

Gol sematawayang Inggris dicetak Harry Kane yang juga menambah raihan golnya di Piala Dunia 2018 menjadi enam. Sementara Kolombia yang tak diperkuat James Rodriguez pada laga ini berhasil membalas gol Inggris melalui aksi Yerry Mina.

Laga dimulai, kedua tim mencoba untuk saling serang. Akan tetapi tekanan berarti mampu ditunjukkan Inggris yang dimotori Dele Alli di lini tengah. Namun usaha mereka untuk menembus gawang Kolombia masih menemui kesulitan yang dijaga ketat oleh David Ospina.

Hingga 15 menit pertama, kedua tim masih mencari cara untuk melakukan serangan berbahaya untuk mencuri satu gol. Pada menit 16, Inggris mendapatkan peluang melalui Harry Kane yang menerima umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan.

Kane yang menyambut umpan Trippier dengan sundulan gagal mengoyak jala Kolombia, karena bola masih melayang di atas mistar gawang Ospina. Skor pun masih imbang 0-0. Peluang emas Inggris tersebut akhirnya membuat Kolombia bangun.

Pada menit 20 baik Inggris dan Kolombia mencoba untuk saling serang. Kolombia sedikit lebih gencar dengan beberapa kali melakukan tekanan ke pertahanan Inggris. Namun tak ada satu peluang berarti yang mengancam gawang Jordan Pickford.

Memasuki menit 30, tensi pertandingan semakin tinggi. Kedua tim saling membangun serangan, tetapi lagi-lagi penyelesaian akhir masih menjadi masalah bagi Inggris dan Kolombia. Jelang lima menit laga berakhir kedua tim pun masih berusaha keras untuk mencuri gol.

Seperti pada menit 42, Inggris nyaris membuat gol setelah mendapat tendangan bebas yang dieksekusi Trippier. Sayang tendangan bebas melengkung Trippier masih menyimpang tipis di sisi kanan gawang Kolombia dan belum membuahkan gol.

Keadaan imbang ini tak berubah hingga turun minum. Skor kacamata 0-0 menutup jalannya pertandingan babak pertama Kolombia melawan Inggris.

Memasuki babak kedua, Inggris berinisiatif melakukan serangan lebih dulu. Kane dan kawan-kawan mencoba untuk memainkan bola di area pertahanan Kolombia yang pada awal babak kedua bermain bertahan.

Usaha Inggris pun menemui jalan kala mereka dihadiahi penalti oleh wasit pada menit ke-54. Wasit menunjuk titik putih setelah Kane dilanggar oleh Carlos Sanchez di kotak penalti Kolombia. Peluang emas didapat oleh Inggris.

Kesempatan itu pun tak disia-siakan oleh Kane yang menjadi eksekutor. Pemain Tottenham Hotspur itu sukses mengoyak gawang Kolombia pada menit ke-57 yang menuntaskan tendangan penalti dengan baik. Inggris pun unggul 1-0 sekaligus menjadi gol keenam bagi Harry Kane di Piala Dunia 2018.

Tertinggal 0-1, Kolombia meningkatkan serangan. Begitu pun dengan Inggris yang tak ingin kecolongan. Three Lions pun kembali mendapat peluang pada menit 63 melalui Dele Alli. Sayang sundulannya yang memanfaatkan umpan silang dari Trippier masih melambung.

Kedua tim kini sama-sama bermain menyerang. Permainan keras pun ditunjukkan kedua tim dengan dibuktikannya enam kartu kuning yang diberikan kepada pemain Inggris dan Kolombia hingga menit ke-70.

Pada menit 81, Kolombia mendapat peluang emas untuk menciptakan gol penyeimbang. Carlos Bacca yang berhasil mencuri bola drari Kyle Walker langsung berlari ke gawang Kolombia dan mengirim umpan ke Juan Cuadrado. Sayang tembakan Cuadrado masih melambung di atas tiang gawang Pickford.

Kolombia pun masih mencari cara untuk bisa menembus pertahanan Inggris di lima menit laga tersisa. Radamel Falcao yang mendapat dua peluang emas melalui sundulan dan tendangan mendatar masih belum mampu menembus gawang Inggris.

Akan tetapi pada menit 90+3, Kolombia mampu memperpanjang napas melalui gol Yerry Mina. Tandukkan Mina mampu mengoyak jala Pickford setelah memanfaatkan umpan Juan Cuadrado melalui tendangan sudut. Skor berubah 1-1.

Keadaan tersebut tak berubah hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Pada babak tambahan waktu pertama, Kolombia memiliki kepercayaan diri setelah mencetak gol penyeimbang di menit akhir laga usai. 

Serangan-serangan bertubi-tubi terus dilancarkan Kolombia yang dimotori Falcao dan Cuadrado.

Kolombia nyaris mencetak gol melalui Falcao pada menit 104. Namun sundulan Falcao yang menyambut umpan silang dari Mojica masih menyamping di sisi kanan gawang Inggris. Skor imbang 1-1 masih bertahan hingga menit ke-105.

Memasuki tambahan waktu kedua, giliran Inggris yang gencar untuk melakukan serangan. Kane dan kawan-kawan berusaha mencari peluang untuk mencetak gol. Pada menit 112, Danny Rose nyaris membuat gol setelah melepaskan tembakan dari ruang sempit. Sayang bola masih melebar.

Hingga 120 menit laga usai, kedua tim tak mampu mencetak gol keunggulan. Pertandingan pun ditentukan melalui babak adu penalti.


Babak Adu Penalti

KOLOMBIA (3): Falcao O, Cuadrado O, Muriel O, Uribe X, Bacca X

INGGRIS (4): Kane O, Rashford O, Henderson X, Trippier O, Dier O


Susunan Pemain

KOLOMBIA XI: Ospina, Sanchez, Mina, Mojica, Arias, Lerma, Sanchez, Barrios, Quintero, Cuadrado, dan Falcao.

INGGRIS XI: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Henderson, Trippier, Lingard, Alli, Young, Sterling, Kane

 

 


Sumber ser/cnn indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Ketua BAN-S/M Riau: Regulasi Baru, 2 Tahun Izin Keluar, Sekolah dan Madrasah Harus Diakreditasi

2

Tertinggi di Provinsi Riau, Kepala DKP Serahkan Sertifikat Izin Edar Registrasi PSAT pada Pelaku UMKM Pangan

3

Menangkan Prabowo dan Gibran, Ginda Burnama Di Tunjuk Jadi Korda Penerus Negeri Riau

4

Wakil Ketua DPRD Rohil Hadiri Rapat Persiapan Pemilu Serentak tahun 2024

5

Banggar DPRD Rohil Bersama TAPD dan OPD Lanjutkan Pembahasan KUA PPAS tahun 2024