MENU TUTUP

Pengurus Istiqlal tegaskan tarawih akbar besok tak ada buka acara buka puasa bersama

Sabtu, 26 Mei 2018 | 03:39:31 WIB | Di Baca : 1219 Kali
Pengurus Istiqlal tegaskan tarawih akbar besok tak ada buka acara buka puasa bersama

SeRiau - Pihak Masjid Istiqlal tak melakukan persiapan khusus untuk tarawih akbar bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan digelar Sabtu (26/5) besok. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah.

"Kita enggak ada persiapan khusus. Ya paling persiapan antisipasi kalau pada saat pembagian takjil," kata Hurairah kepada merdeka.com di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (25/5).

Hurairah mengungkapkan jika peserta tarawih akbar ikut melakukan buka puasa bersama jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu jemaah.

"Karena kan di hari Sabtu itu jemaah bisa 4-6 ribu orang. Nah kalau ditambah sama mereka yang peserta tarawih akbar itu datang sebelum magrib, bagaimana coba, siapa yang mau kasih makan. Tetapi Pemda DKI membantu dia ngasih snack bukan uang. Enggak hanya tarawih doang acaranya, namanya tarawih akbar. Jadi acaranya bukan buka puasa bersama tapi tarawih akbar," ujarnya.

"Makanya nanti kan pak Gubernur datang memakai Transjakarta rombongan sama eselon I, eselon II, stafnya itu ada sekitar dua atau tiga bus itu langsung masuk ke sini. Mereka sudah buka, sudah salat magrib di sana (balai kota). Jadi sampai sini salat Isya dan langsung tarawih," tandasnya.

Seperti diketahui, Rencana Pemprov DKI melaksanakan Salat Tarawih Akbar di Monas pada 26 Mei mendatang menuai kritik dari berbagai ulama. Akhirnya rencana salat berjemaah tersebut dialihkan dari Monas ke Masjid Istiqlal.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan keputusan tersebut diambil guna mengakomodir masukan dari ulama. Sehingga, dia memastikan, Salat Tarawih Akbar tetap akan digelar.

"Kita mendengar yang disampaikan para ulama, kita dalam urusan ibadah ya merujuk pada para ulama. Karena itu kemudian rencana Salat Tarawih akan tetap diadakan pada 26 Mei dan Insya Allah di Masjid Istiqlal," katanya di Balai Kota Jakarta, Senin (21/5).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengklaim sudah berkoordinasi dengan para ulama termasuk MUI dan juga pengurus masjid Istiqlal terkait rencana Tarawih Akbar itu.

"Sudah koordinasi dengan pengelola Istiqlal, pada waktu yang sama," jelasnya. (**H)


Sumber: Merdeka.com


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024