MENU TUTUP

Mentan Amran: Mahasiswa, Jangan Ragu Jadi Petani

Rabu, 23 Mei 2018 | 16:45:26 WIB | Di Baca : 1520 Kali
Mentan Amran: Mahasiswa, Jangan Ragu Jadi Petani

SeRiau - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjadi pembicara dalam kuliah umum di Kampus Universitas Jember, Jawa Timur. Orang nomor satu di Kementerian Pertanian (Kementan) ini pun meyakinkan para mahasiswa bahwa pertanian merupakan sektor yang menjanjikan.

Amran mencontohkan, 10 konglomerat Indonesia, sembilan di antaranya memikili dasar pertanian. Ada yang sukses karena tembakau, kelapa sawit, singkong dan lainnya.

"Anda (mahasiswa) tidak perlu ragu bisa jadi konglomerat dan kaya. Mulai detik ini tentukan (impian) bahwa sektor pertanian menjanjikan. Jangan penuh keraguan, orang demikian pasti gagal," tuturnya di Kampus Universitas Jember, Jawa Timur, Rabu (23/5/2018).

Amran melanjutkan, kenapa menjadi petani menjanjikan? Karena negara ini dianugrahi Tuhan sesuatu yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) luas dan luar biasa. Bandingkan dengan Jerman, Kolombia yang iklim cuaca seperti matahari hanya bersinar selama 6 bulan saja.

Hanya saja, Amran mengakui bahwa sektor pertanian Indonesia masih kalah. Pasalnya, meski matahari hanya bersinar 6 bulan, negara Jerman, Kolombia mampu ekspor

"Mereka petaninya terlalu rajin dan pertanian digemari anak muda. Jadi kaya raya adalah petani. Di Indonesia petani malas. Jadi Anda (mahasiswa) yang harus jadikan petani yang rajin," ujarnya.

Amran mengatakan, menjadi petani juga mesti memiliki pendidikan yang baik dan disiplin. Oleh karenanya, sebelum terjun langsung sebagai petani belajar harus ditingkatkan.

"Mahasiswa harus IP-nya 4. Kalau bisa belajar 10 jam sehari, supaya sukses nantinya," tuturnya. (**H)


Sumber: Okezone


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

4

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

5

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau