MENU TUTUP

Jokowi Persilakan Cek Asal-usulnya pada NU dan Muhammadiyah

Senin, 21 Mei 2018 | 14:16:12 WIB | Di Baca : 1135 Kali
Jokowi Persilakan Cek Asal-usulnya pada NU dan Muhammadiyah Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian kereta khusus rute Bandara Minangkabau bernama Minangkabau Ekspres di Padang Pariaman, Sumatra Barat, pada Senin pagi, 21 Mei 2018.

SeRiau - Presiden Joko Widodo menepis rumor bahwa dia adalah anak seorang pengusaha China-Singapura. Dia menegaskan, kedua orangtuanya asli Jawa Tengah.  Sang ayah asal Karanganyar, sementara ibunya dari Boyolali.

Jokowi merasa perlu menyampaikan klarifikasi itu karena belakangan berkembang rumor bahwa dia keturunan China atau Tionghoa asal Singapura, bersamaan juga dengan isu bahwa dia anak simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Semua kabar itu, katanya, sebenarnya dapat dengan mudah dipastikan bohong atau fitnah belaka. Apalagi isu tentang dia anak simpatisan PKI sesungguhnya tak masuk akal. Sebab, dia lahir tahun 1961, sementara PKI dibubarkan pada 1965. Artinya, Jokowi masih balita kala itu.

"Enggak mungkin ada balita PKI, logika ndakmasuk. Malah ada lagi isu (bahwa) Presiden Jokowi itu anaknya Chinese dari Singapura," kata Jokowi dalam pidatonya saat meresmikan kereta khusus rute Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatra Barat, pada Senin, 21 Mei 2018.

Mengenai asal-usul orangtuanya, Jokowi meyakinkan publik bahwa ayah dan ibunya memang orang desa di Karanganyar dan Boyolali. "Bapak-ibu saya itu orang desa--desa betul."

Isu tak produktif

Kepala Negara berterus terang sebenarnya tak berminat mengklarifikasi rumor-rumor semacam itu. Sebab soal itu membuat bangsa Indonesia tak produktif, lebih banyak disibukkan dengan saling fitnah dan saling bantah. Sementara tugas utama dan penting urusan rakyat menjadi terabaikan.

"Mestinya kita ini berbaik sangka, bukan berburuk sangka. Oleh sebab itu, mari saya ajak semuanya berpikir positif dan bekerja produktif, sehingga ketertinggalan kita dari negara tetangga bisa kita kejar bersama-sama," ujarnya.

Bagi mereka yang masih meragukan asal-usulnya, Jokowi mempersilakan mengecek langsung kepada ormas Islam, seperti NU dan Muhammadiyah, yang memang mengetahui latar belakang keluarganya. Bukan urusan sulit untuk sekadar menanyakan itu karena NU dan Muhammadiyah memiliki kantor cabang dan pengurus di Solo, Jawa Tengah.

"Muhammadiyah ada cabang di Solo, NU ada cabang di Solo; semua ormas Islam ada cabang di Solo. Tanyakan di masjid di dekat rumah saya, siapa orangtua saya, siapa saya, gampang banget. Terbuka saya ini, ndak ada yang bisa ditutupi." (**H)


Sumber: VIVA


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid