MENU TUTUP

Hilal Belum Terlihat, Awal Ramadan Ditetapkan Kamis 17 Mei

Selasa, 15 Mei 2018 | 19:01:56 WIB | Di Baca : 1197 Kali
Hilal Belum Terlihat, Awal Ramadan Ditetapkan Kamis 17 Mei

SeRiau - Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018. Awal puasa tahun ini ditetapkan esok lusa karena hari ini hilal atau bulan baru penanda pergantian bulan belum tampak.

Penetapan awal Ramadan ini dilakukan melalui sidang isbat pemerintah melalui Kementerian Agama pada Selasa (15/5) malam, Jakarta.

"Maka 1 Ramadan 1439 hijriah jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat membacakan hasil sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (15/5) malam.

Dengan ditetapkan awal Ramadan esok lusa, maka awal puasa tahun ini akan jatuh bersamaan dengan ormas Muhammadiyah yang sudah lebih dulu menetapkan 1 Ramadan pada 17 Mei.

Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan berdasarkan metode hisab atau perhitungan. Sementara pemerintah, selain metode hisab, juga memberlakukan metode rukyatul hilalatau pengamatan hilal langsung.

Sidang isbat yang hasilnya diumumkan Menteri Agama pada malam ini diikuti perwakilan organisasi masyarakat Islam dan kedutaan besar negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar astronomi dari ormas-ormas Islam, serta pejabat eselon I dan II Kemenag dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Penetapan 1 Ramadan ini berdasarkan pemantauan hilal di titik pemantauan di 33 Provinsi di seluruh Indonesia. Lokasi pemantauan paling Barat, tersebar di Observatorium Kuta Karang, dan Tugu 0 KM Indonesia, Sabang. Sedangkan di wilayah paling Timur Indonesia, pemantauan hilal dilakukan di Pantai Lampu Satu Merauke.

Sidang isbat tahun ini berlangsung tertutup. Pukul 16.00 WIB, sidang diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439H. (**H)


Sumber: CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

2

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

3

Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau dan Bank BJB Gelar Buka Bersama

4

PLN Siaga Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

5

Dukung Mudik Kebangsaan, PT KPI Unit Dumai Turut Melepas Rombongan Pemudik dengan Dua Unit Bus Gratis