MENU TUTUP

Rencana Gelar Nobar Dilan di Hardiknas, Mendikbud Dikritik Anggota DPR

Jumat, 20 April 2018 | 17:23:23 WIB | Di Baca : 1774 Kali
Rencana Gelar Nobar Dilan di Hardiknas, Mendikbud Dikritik Anggota DPR

SeRiau - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berencana menggelar nonton bareng film 'Dilan' dan 'Yowis Ben' saat puncak Hari Pendidikan Nasional, Mei mendatang. Anggota Komisi X DPR yang membawahi pendidikan, Nizar Zahro, mengkritik rencana itu.

"Kemendikbud perlu meninjau ulang pilihan atas film 'Dilan' dan 'Yowis Ben' yang akan diputar dalam nobar memperingati Hardiknas. Film tersebut jauh dari semangat pendidikan," kata Nizar dalam keterangannya, Jumat (20/3/2018). 

Menurut Nizar, film 'Dilan' memang ramai diperbincangkan publik, khususnya di adegan tertentu, tapi itu menjadi bahan lelucon. Film Dilan dipandang Nizar tak mencerminkan semangat pendidikan.

"Kemendikbud bisa menyaksikan sendiri bagaimana salah satu penggalan dialog dalam film Dilan dijadikan lucu-lucuan oleh publik. Masyarakat lebih memposisikan film tersebut sebagai bahan gurauan," sebutnya. 

Semangat gurauan yang ditangkap oleh masyarakat dari film Dilan itu, kata Nizar, akan kontras bila disandingkan semangat pendidikan kembali melalui peringatan Hardiknas. Nizar mengatakan Kemendikbud tak boleh menjadikan ukuran laris film sebagai penilaian utama sebelum menggelar nobar. Nizar lalu memberi rekomendasi film untuk ditayangkan di nobar Hardiknas.

"Bila diamati dalam jajaran film nasional, sebenarnya masih banyak film yang lebih layak ditampilkan. Banyak sekali film-film yang lebih relevan seperti misalnya film 'Soekarno', 'Pak Dirman', 'Sang Kyai', 'Sang Pencerah', 'Kartini', dll," ucapnya.

"Kami berharap Kemendikbud meninjau ulang film yang akan diputar. Suguhkanlah generasi muda dengan film-film yang bertema kepahlawanan agar tumbuh semangat menjadi pahlawan bagi Indonesia," terang politikus asal Gerindra itu.

Acara nobar film 'Dilan' dan 'Yowis Ben' di Hardiknas disebut pihak Kemendikbud diharapkan dapat membuat masyarakat lebih mengapresiasi film nasional.

"Memang benar ini sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, yaitu nonton bareng film Indonesia, untuk lebih mencintai dan menghargai film karya anak bangsa dengan cara nobar film Indonesia," kata Kasubbag Layanan Informasi Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Anandes Langguana dalam keterangannya, Kamis (19/4). (**H)


Sumber: detikNews


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

5

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman