MENU TUTUP

Usai Dibangun, Keluarga Andi Jamal Serahkan Masjid Nurul Jamaal kepada Masyarakat

Ahad, 25 Maret 2018 | 16:32:01 WIB | Di Baca : 2219 Kali
Usai Dibangun, Keluarga Andi Jamal Serahkan Masjid Nurul Jamaal kepada Masyarakat

SeRiau -  Kebahagiaan membalut keluarga Abdul Jamal. Masjid Nurul Jamaal yang dibangun dua tahun lalu, kini telah selesai dan dapat difungsikan untuk keperluan ibadah. Minggu pagi (25/3), Andi Salomon dari pihak keluarga, menyerahkan masjid tersebut kepada Ketua RW 04 Nasirwan mewakili masyarakat.

Nurul Jamaal terletak di Jalan Singgalang Gg. Singgalang VI RT 2 RW 04 Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Masjid seluas 14x14 meter (bangunan induk) ini dibangun oleh keluarga besar (alm) H. Andi Jamal dan Hj. Asmalini di lahan miliknya yang diwakafkan untuk masjid.  Nurul Jamaal berdiri kokoh dengan kubah  terbuat dari seng plat. Lantai dasar masjid dilapisi batu granit dengan dinding setinggi 7 meter tanpa tiang tengah. Pada dinding bagian dalam yang berbalut walpaper, telah terpasang delapan AC pendingin masing-masing satu peka dari 12 AC yang disiapkan keluarga.

Di samping kiri dan kanan masjid terdapat pula teras lapis keramik masing-masing seluas dua meter di sepanjang bangunan induk. Juga telah disiapkan  tempat wuduk berikut dua toilet untuk jemaah kaum ibu dan kaum bapak secara terpisah.

Andi Salomon tak dapat menyembunyikan rasa harunya. Dihadapan ibundanya Hj. Asmalini yang berpakaian putih dan duduk bersama jemaah di dalam masjid menyampaikan, rasa syukurnya atas selesainya pembangunan masjid ini. ''Kami sekeluarga bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah memberi dukungan dan doa restu atas pembangunan masjid ini. Hari ini dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohiim, saya mewakili keluarga menyerahkan masjid ini kepada masyarakat. Silahkan dimanfaatkan untuk kepentingan ibadah,'' kata Andi dengan suara datar.

Andi berharap Nurul Jamaal tak hanya dimanfaatkan untuk ibadah, sebaliknya difungsikan pula untuk pembinaan umat. ''Fungsikan lah masjid ini sekaligus untuk pendidikan, membangun ekonomi jemaah dan membina umat dalam rangka toyyibatun warobbun ghofur,'' kata Andi.

Hal senada dikatakan keluarga Andi Salomon yang lain, Andi Noviriyanti. Bos Arminareka Perwakilan Pekanbaru yang akrab disapa AndiN itu berharap, Nurul Jamaal dapat difungsikan sebagaimana Rasulullah SAW dahulu memfungsikan masjid. Fungsi tersebut, ujar AndiN, yang sudah kita lupakan sekarant. ''Kami sekeluarga membangun masjid ini dengan niat ikhlas untuk kepentingan agama. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menginfakkan sebagian rezekinya. Semoga Allah SWT membalasnya dengan pahala berlipat ganda, aamiin,'' kata Novi, wanita energik yang pernah menjadi wartawan di Riau ini.

Penyerahan Nurul Jamaal kepada masyarakat diselingi dengan tausih tentang kedudukan dan fungsi masjid dalam tarikh Islam oleh al ustadz Edi Setiadi, SAg. Selain Camat, Lurah dan tokoh masyarakat, hadir pula Ketua Umum Masjid Paripurna Nurul Ibadah Kecamatan Tenayan Raya, Dr. H. Syafriadi, S.H., M.H.*


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Didominasi Universitas Ternama di Indonesia, 43 Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus SNBP

2

SMAN 8 Pekanbaru Salurkan Bansos Ramadhan Rp 143 Juta dengan 612 Penerima Paket Sembako

3

Buruh Korban Cacat Akibat Kerja Mengadukan Nasibnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau

4

DPW Iluni UNP Riau Buka Puasa Bersama, Arden: Mari Bangun Sinergisitas dan Perkuat Silaturahmi.

5

Safari Ramadhan 1445, Ginda Burnama Ajak Umat Muslim Ramaikan Masjid