MENU TUTUP

Pembobolan Apple-Paypal, Pemilik Kartu Jangan Asal Transaksi

Rabu, 21 Maret 2018 | 09:55:49 WIB | Di Baca : 1441 Kali
Pembobolan Apple-Paypal, Pemilik Kartu Jangan Asal Transaksi

SeRiau - Kejahatan cyber kembali marak terjadi di Indonesia. Belum selesai masalah skimming ATM, belum lama ini polisi kembali menangkap tersangka pembobolan kartu kredit.

Tersangka berbelanja dari gratis di luar negeri hingga meraih untung sebesar Rp500 juta. Pelaku pembobol ini mencuri data kartu kredit milik orang lain dengan membobol akun Apple dan Paypal.

Tersangka mengungkapkan mereka menggunakan metode spamming dan carding. Menurut pengamat keamanan siber, Alfons Tanuwijaya, pembobol kemungkinan besar menggunakan teknik phising dan keylogger untuk mendapatkan data kartu kredit korban. Sehingga pengguna harus memperhatikan ketika melakukan transaksi pembayaran.

"Kelemahan harusnya bukan di pihak Apple atau Paypal," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/3).

Alfons menjelaskan kronologi kemungkinan pembobolan terjadi. Pengguna yang menggunakan metode spamming, mengirimkan email broadcast ke banyak pengguna. 

Dalam email tersebut terdapat tautan atau link yang mengarahkan ke situs phising. Pembobol bisa beraksi dengan berpura-pura sebagai admin Apple dan Paypal.

"Dia meminta korban untuk mengganti password ke situs phising," tambahnya. 

Sementara, metode carding yang sempat disinggung pelaku adalah aktivitas menyalahgunakan data kartu kredit orang lain dan menggunakan untuk transaksi. 

Biasanya data carding didapat secara offline misalnya ketika ada yg bayar restoran atau hotel datanya dicuri. 

Alfons menjelaskan praktek ini sudah marak sejak dahulu. Pencarian data waktu digesek ke restoran atau toko atau hotel sulit dicegah. 

"Salah satu akar masalah adalah sistem kependudukan Indonesia yang agak lemah. Namun dengan NIK tunggal dan sulitnya membuat KTP palsu harusnya lambat laun carding akan menurun," jelasnya.

Dia pun menegaskan lubang besar ada di pengguna yang harus mengamankan data dengan baik dan tidak bertransaksi sembarangan.  


sumber CNN Indonesia


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

2

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

3

Open House Hari Kedua di Kediaman Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho Dihadiri 3.000 Warga

4

Lapas Bagansiapiapi Bersama Warga Binaan Gelar Shalat Idul Fitri 1445 H

5

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H