MENU TUTUP
Ramai-Ramai 'Adopsi' Program Smart City Madani

Walikota Se Sumatera 'Takjub' Melihat Pekanbaru

Selasa, 06 Februari 2018 | 08:00:12 WIB | Di Baca : 1681 Kali
Walikota Se Sumatera 'Takjub' Melihat Pekanbaru

SeRiau - Perhelatan Musyawarah Komisariat Wilayah (Mukowil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Pekanbaru benar-benar memberikan 'Hadiah' besar untuk 24 Walikota di Sumatera. Bahkan, Ketua Umum APEKSI Pusat yang juga Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menyebutkan Pekanbaru berjaya dibawah kepemimpinan Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT. Pasalnya, ketika dia ke Pekanbaru beberapa waktu lalu sangat berbeda dibandingkan sekarang. Mulai dari fisiknya, hingga penataan perkotaan yang dilakukan mengacu pada masterplan Kota Pekanbaru. 

Diakuinya juga, sebagai salah satu Kota di Indonesia, Pekanbaru menunjukkan perkembangan yang cukup pesat dibandingkan kota-kota lainnya. Terkhusus pemindahan pusat kota yang dilakukan Walikota Pekanbaru dari pusat Kota ke daerah Kecamatan Tenayanraya. Karena, dengan pemindahan tersebut akan membuat pergerakan serta pertumbuhan semakin cepat. 

"Jujur saya kagum (pada perkembangan kota, red). Kota Pekanbaru menunjukkan grafik pembangunan yang cukup cepat. Ini juga bukti jika pemberdayaan masyarakat sudah sangat baik. Karena, pembangunan tidak lepas dari peran serta masyarakat serta dunia usaha," terang Airin.

Tidak hanya itu, Airin Rachmi Diany yang sempat berkunjung ke Command Center milik Pemko Pekanbaru dibawah Diskominfotik mengakui akan 'mengadopsi' beberapa program yang sudah dijalankan Pemko Pekanbaru dibawah kepemimpinan DR H Firdaus MT. 

"Saya kenal dengan bapak Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT sudah sejak lama. Beberapa porgram yang dicanangkannya juga menarik buat saya. Seperti saat ini, program Smart Card-nya akan saya adopsi untuk dilakukan di Pemko Tangerang,'' terang Ketua APEKSI Pusat, Airin Rachmi Diany usai membuka kegiatan yang dihelat di Hotel Arya Duta Pekanbaru, pekan lalu. 

Ditambahkan Airin, penggunaan satu kartu dengan banyak fungsi seperti untuk tabungan, absensi digital, serta banyak lainnya, dapat menghemat segala hal. Tidak hanya itu, Airin juga menyebutkan program smart card adalah salah satu trobosan untuk bisa diikuti seluruh anggota APEKSI di Indonesia. 

Tentang itu, Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT menyebutkan, Smart Card tersebut adalah salah satu dari perwujudan dari menjadikan Pekanbaru Smart City Madani. "Kartu ini nantinya digunakan sebagai pelayanan. Seperti pelayanan di dinas pendidikan,  dinas kesehatan dan dinas perhubungan. Selain itu,  juga digunakan belanja di mall nantinya. Ini istilahnya One Card All Service nantinya," ungkap Firdaus.

Perkembangan Kota Pekanbaru saat ini memang tidak lepas dari ide-ide bernas dari Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT. Salah satunya ada visi dan misi mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Smart City Madani. Meski tergolong program mandiri, mantan Kadis PU Riau ini tidak segan untuk 'membocorkan' trik jitu membangun hal tersebut. Dihadapan 24 Walikota yang hadir di Mukowil 1 APEKSI, Wako Pekanbaru ini menyebutkan ada 6 (enam) pilar yang menjadi tonggak membangun Pekanbaru saat ini.  

Keenam pilar tersebut adalah Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar), Smart People (Penduduk yang Pintar), Smart Economy  (Ekonomi yang Pintar), Smart Environment (Lingkungan yang Pintar) Smart Living (Kehidupan yang Pintar), dan Smart Mobility (Mobilitas yang Pintar). Ditambahkan Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT, sebagai langkah awal untuk mewujudkan pembangunan, Pemko Pekanbaru telah meluncurkan aplikasi berbasis online guna pelayanan semakin cepat, tepat, akurat dan tuntas.

"Keenam pilar ini menjadi pedoman di Kota Pekanbaru. Makanya semua komponen harus cerdas menyikapinya, sehingga pembangunan terus meningkat di masa datang sehingga Smart City Madani dapat wujud," paparnya.

Sanjungan kepada Kota Pekanbaru tidak hanya diucapkan Ketua Umum APEKSI Pusat, namun juga datang dari Walikota yang hadir. Salah satunya dari Walikota Padang Mahyeldi yang merupakan sahabat karib dari Wakil Walikota Pekanbaru, H Ayat Cahyadai SSi tersebut. Kekagumannya tersebut mucul ketika Mahyeldi yang menyempatkan diri berjalan-jalan di tengah kota berjuluk Kota Bertuah ini. 

"Terus terang saya kagum melihat Kota Pekanbaru ini, melihat ramainya yang hadir, kagum dengan tatanan Kota Pekanbaru yang bersih, rapi dan pembangunan yang pesat. Ini luar biasa," ujar Mahyeldi. 

Dari pemaparan pihak Pemko Pekanbaru, Mahyeldi juga mengagumi master plan dan rancangan kinerja Pemerintah Pekanbaru yang terkoneksi dalam program Smart City. Maka dengan adanya kegiatan ini, berharap agar para kepala daerah yang hadir dapat mengadopsi keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Seperti kita lihat tadi di pusat Perkantoran Tenayan, Pekanbaru Command Center ini, menjadi inspirasi bagi kami yang hadir untuk mendatangkan ide cemerlang lainnya untuk membangun wilayah kerja kami masing-masing nantinya," terangnya.

Mahyeldi juga memuji program Walikota Pekanbaru Firdaus MT yang begitu religius, yakni menjadikan Pekanbaru Kota Metropolitan yang Madani. Kemajuan yang terjadi di Kota Pekanbaru menjadi inspirasi bagi dirinya untuk dijadikan pada program Kota Padang nantinya.(adv)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024

2

Negara Hadir, 85 KK Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam Jelang Idul Fitri 1445 H

3

Wujudkan Momen Manis Silahturahmi Dengan Berkendara #Cari Aman

4

Sambut Mudik 2024, PLN Tambah 5 SPKLU di Riau

5

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik