Diapresiasi Pimpinan PTS, LLDIKTI Wilayah X Sukses Selenggarakan Entrepreneurship Award II Tahun 2018

Selasa, 30/10/2018

 

SeRiau - Rektor Universitas Islam Riau Pekanbaru, Rektor Universitas Baiturrahmah Padang dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta lain mengapresiasi penyelenggaraan pelaksanaan Entrepreneurship Award II Tahun 2018, yang berlangsung sukses di Gedung PKM UIR pada Jum’at (26/10 2018).

Kepala LLDIKTI Prof. Dr. H. Heri, MBA menyampaikan terima kasih kepada Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L atas keberhasilan UIR menjadi tuan rumah. Ia juga menyampaikan ucapan yang sama kepada panitia, serta selamat kepada para pemenang yang berhasil meraih dana sebesar Rp 101 juta untuk dua kategori, baik kategori usaha yang sedang berjalan maupun bisnis plan.

Prof. Heri mengatakan, kewirausahaan sangat penting bagi bangsa dan negara. Bangsa yang maju adalah bangsa yang di dalamnya terdapat wirausahawan yang secara kreatif mampu mengkombinasikan sumberdaya alam dengan kreatifitasnya. Serta berani menanggung resiko atas apapun yang terjadi terhadap apa yang ia lakukan. ''Tanpa adanya orang-orang tersebut negara kita akan berkembang lambat,'' tegas Prof. Heri dalam sambutannya pada acara puncak EA II 2018.

Orang- orang yang saya sebutkan tadi, lanjut Heri, mampu melahirkan nilai tambah, dan sebagai usahawan ia dapat pula meningkatkan utility dari apa yang dia lakukan. Para usahawan akan membuat satu barang yang di satu tempat tidak berharga tetapi dengan resourches yang ia miliki barang tersebut dapat berharga di tempat lain. Bahkan ia bisa membantu orang lain memenuhi kebutuhannya. Jadi, tegas Kepala LLDIKTI, kegiatan entrepreneurship ini sangat besar manfaatnya bagi kita.

Selain dihadiri Sekretaris LLDIKTI Yandri, SH., MH, kegiatan ini dihadiri pula oleh Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L, Rektor Universitas Baiturrahmah Padang Prof. Dr. H. Musliar Kasim, Wakil Rektor I UIR Dr. H. Syafhendri, Wakil Rektor II Ir. H. Asrol, dan Wakil Rektor III Ir. H. Rosyadi. Penganugeran ini  turut dihadiri Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Riau Yulwiriati Moesa mewakili Gubernur Riau, Ketua Dewan Pembina Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau (YLPI) Drs. H. Mukni, Ketua Umum YLPI Dr. Nurman, Rektor Universitas Lancang Kuning Dr. Hj. Hasnati bersama Wakil Rektor II dan III Dr. Edy Asnawi, Pimpinan PTS di LLDIKTI X,  serta Dekan-dekan di Lingkungan UIR.

Para Pemenang Entrepreneusrhip Award II Tahun 2018 adalah: Juara Pertama Kategori Usaha Berjalan diraih Friedrick Yehezkiel dari Sekolah Tinggi Tekhnologi Industri Padang. Menyusul Gusfriadi (UIR) dan Yuha Aidil Alifa (Unuversitas Lancang Kuning). Juara harapan satu sampai enam, masing-masing diraih Hengky Pratama Nasution (Universitas Putra Indonesia), Rahmat Zanova (STIKIP PGRI Sumbar), Ajat Kurnia ( STIE Muhammadiyah Jambi), Anggia Silfia (Universitas International Batam),  Risman Hasibuan (Universitas Batang Hari Jambi) dan Ali Yusra (Universitas Lancang Kuning).

Sedangkan Kategori Business Plan, juara pertama direbut Tengku Said Muhammad Farid (UIR), posisi kedua Devi Alviani (STIE Indragiri Rengat), juara ketiga Rizka Harumanti (Universitas Lancang Kuning). Juara harapan satu sampai tujuh, masing-masing Chandra Saputra (Universitas Baiturrahmah), Ma'ruf (Sekolah Tinggi Tekhnologi Industri Padang), Rozy Seprinalfi (Universitas Dharma Andalas), Azlina Putri Laia (Universitas Universal), Haikal Malik Pranasta (Universitas Dharma Andalas), Gebi Arika Putra (STIKIP PGRI Sumbar) dan Septina Robi (Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang). Para  juara meraih uang pengembangan usaha Rp 25.000 untuk juara pertama, Rp 12.000.000 (juara kedua), dan Rp 6.500.000 juara ketiga.*(ser)