Arab Saudi Buka Umrah untuk Warganya Mulai 4 Oktober

  • Rabu, 23 September 2020 - 05:24:54 WIB | Di Baca : 1577 Kali

SeRiau - Arab Saudi akan mengizinkan pelaksanaan umrah khusus bagi warga lokal mulai 4 Oktober 2020. Sedangkan untuk masyarakat dari luar Arab Saudi, kemungkinan baru bisa melakukan umrah mulai 1 November nanti.

"Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan umrah, ziarah ke Makkah dan Madinah, sepanjang tahun khusus warga Kerajaan Arab Saudi pada 4 Oktober," kata kantor berita negara SPA, dilansir Reuters, Rabu (23/9).

Namun, ibadah umrah tersebut akan tetap digelar secara terbatas selama pandemi corona. Per hari, hanya 6 ribu jemaah saja yang diizinkan untuk mengikuti rangkaian ibadah umrah.

"Kapasitasnya setara dengan sekitar 30 persen. Ini dilakukan dengan memperhitungkan tindakan pencegahan corona," lanjut SPA. 
Penerbangan Internasional Dibuka Bertahap 

Arab Saudi menghentikan umrah bagi warga negara asing sejak 27 Februari 2020 dan menangguhkan penerbangan internasional dari dan ke Arab Saudi.

Pada Maret 2020, Masjidil Haram ditutup hingga hari ini, dengan demikian ibadah umrah bagi penduduk yang menetap di Saudi pun tidak bisa dilakukan.

Pada puncak haji lalu, Masjidil Haram hanya menerima seribuan jemaah haji terpilih.

Pengumuman Kemendagri terbaru, Arab Saudi akan mencabut sebagian penangguhan penerbangan internasional mulai 15 September. Dalam penerbangan terbatas ini, hanya penerbangan untuk keperluan tertentu saja yang diizinkan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat.

Arab Saudi baru mengakhiri semua pembatasan transportasi udara, darat, dan laut setelah 1 Januari 2021. Sedangkan tanggal pastinya baru diumumkan Desember 2020. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar