Inggris Kembalikan Patung Milik India yang Dicuri sejak 1987

  • Kamis, 17 September 2020 - 05:24:07 WIB | Di Baca : 705 Kali

SeRiau - Inggris telah mengembalikan tiga patung perunggu antik kepada pihak berwenang India. Patung itu telah dicuri lebih dari 40 tahun dari sebuah kuil Hindu di negara bagian Tamil Nadu, India selatan.

Dilansir dari reuters, Kamis (17/9/2020), sebanyak empat perunggu dari periode Vijayanagara, yang berlangsung dari abad ke-14 hingga ke-17, dicuri pada tahun 1978 dari sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Wisnu di Nagapattinam.

Para pencuri divonis bersalah di India pada saat itu, tetapi baru pada 2019 tiga patung ditemukan, ketika Komisi Tinggi India di London menemukan bahwa salah satunya sedang ditawarkan untuk dijual oleh dealer yang berbasis di Inggris.

Loading...

Diberitahu oleh kedutaan, Unit Seni dan Barang Antik Kepolisian Metropolitan menyelidiki dan dapat menetapkan bahwa dealer telah membeli barang tersebut dengan itikad baik.

Begitu dia ditunjukkan bukti bahwa perunggu telah dicuri, dia secara sukarela menyerahkan patung itu, dan mengidentifikasi dua tambahan dari kelompok yang sama, kata polisi. Ketiganya sekarang akan dikembalikan ke tanah air.

Komisi Tinggi India men-tweet foto-foto patung tersebut, yang diambil saat penyerahan resmi kepada pemerintah Tamil Nadu, menggambarkan acara tersebut sebagai "momen yang menguntungkan".

Polisi Metropolitan mengatakan bangga terlibat dalam pengembalian perunggu ke India.

"Tidak hanya indah dan penting secara historis, mereka tentu saja memiliki kepentingan religius sehingga sangat memuaskan bahwa mereka dikembalikan ke kuil tempat mereka dibawa," kata Inspektur Kepala Detektif Tim Wright dalam sebuah pernyataan. (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar