Popwil Batal, Seleksi Popnas Sesuai Hasil 2018

  • Jumat, 04 September 2020 - 17:23:37 WIB | Di Baca : 3420 Kali
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rachmat

SeRiau - Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Sumatera 2020 batal diselenggarakan. Sehingga seleksi untuk peserta Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2021 mendatang merujuk pada hasil Popwil 2018 lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rachmat bahwa pelaksanaan Popwil 2020 batal. Dikatakanya, Batalnya Popwil Sumatera tersebut tidak hanya karena tuan rumah Sumatera Barat mundur, akan tetapi ada tiga hal membuat batalnya Popwil diselenggarakan.

"Batalnya Popwil ini pertama karena Covid-19, kedua karena mundurnya Sumatera Barat sebagai tuan rumah dan ketiga adanya kesepakakatan dengan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) di Jakarta, itu batal dilakasanakan," ujar Boby, Jumat (4/9/2020) melalui selularnya.

Degan batalnya Popwil 2020 dilakasanakan, ini akan berdampak pada seleksi cabang olahraga di Popnas nanti. Karena, beberapa cabang olahraga yang ikut Popnas nanti tidak hanya diseleks melalui kejuaraan nasional Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), namun juga melalui Popwil.

Terkait hal itu, Boby menjelaskan untuk Popnas XVI 2021 di Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung sudah diatur. "Untuk Popnas sudah diatur semuanya oleh Bapopsi dalam rapat beberapa waktu lalu," katanya. 

Namun kata Boby, dari 24 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Popnas 2021 nanti, ada beberapa cabang olahraga yang disepakati secara langsung oleh Bapopsi untuk dipertandingkan sesuai hasil Popwil 2018 di Aceh. "Ada enam atau tujuh cabang olahraga yang memakai dasar pada hasil Popwil di Aceh 2018 lalu," ulasnya.

Terkait persiapan Popnas tersebut, pihaknya tidak akan melaksanakan seleksi atlet. Karena, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Riau yang direncanakan untuk seleksi atlet Popwil juga dibatalkan.

Pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan induk cabang olahraga untuk mempersiapkan atlet-atlet Popnas nanti. "Seleksi atlet kita berpedoman pada aturan tadi. Untuk atlet yang tidak ada dalam pembinaan PPLP. Seperti panjat tebing, kita akan koordinasi dengan induk cabang olahraganya," terang Boby.

Perlu diketahui bahwa Popnas XVI 2021 akan dilakasanakan di dua Provinsi yaitu Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar