KTM Juara MotoGP Ceko, Aprilia Tidak Mau Ketinggalan Ramaikan Persaingan

  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 06:50:58 WIB | Di Baca : 791 Kali

 


SeRiau - Kesuksesan KTM memenangkan MotoGP Republik Ceko akhir pekan lalu menumbuhkan optimisme bagi Aprilia untuk mencicipi prestasi serupa.

Pada tahun keempat berkutat di MotoGP, KTM menambah daftar pabrikan yang menjuarai balapan melalui Brad Binder. Sepak terjang mereka otomatis membuat muka lama yakni Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki ketar-ketir karena hadirnya pesaing baru.

Loading...

Pabrikan mapan tersebut bahkan tambah waspada jika Aprilia terus berkembang. Pabrikan asal Noale, Italia, itu menunjukkan mampu bersaing.
Aprilia menempati peringkat empat kualifikasi MotoGP Republik Ceko melaui Aleix Espargaro. Pembalap asal Spanyol itu kemudian mempertahankan ritme dan mengalahkan Andrea Dovizioso (Ducati) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) pada balapan.

Kini Aprilia coba kembali unjuk gigi pada balapan selanjutnya di Red Bull Ring, akhir pekan ini.

Jejak Konstruktor Lain

Sebelum KTM, ada beberapa produsen mesin coba menjajal peruntungan, terutama pada awal era MotoGP tahun 2002. Namun, tidak ada yang bertahan lama dan mencicipi kesuksesan. Beberapa di antaranya adalah Proton (2002-2007), Ilmor (2006-2007), Moriwaki (2003-2005), dan Harris (2003-2004).

Kawasaki (2002-2009) sebenarnya memiliki kans besar dengan kondisi finansial lebih kuat. Usai sukses di Superbike, pabrikan asal Jepang itu berniat mengikuti kesuksesan Honda dan Yamaha di MotoGP.

Sayang, mereka tidak mampu bersaing. Jangan menghasilkan juara dunia, mereka juga tidak bisa memenangkan balapan. Capaian terbaik Kawasaki adalah menempati podium tiga pada MotoGP Jepang 2004 bersama Shinya Nakano.

Aprilia di MotoGP

Aprilia mulai mengandalkan tim pabrikan di MotoGP sejak 2015. Ketimbang KTM, pergerakan mereka memang lebih lambat.

Peringkat enam MotoGP Qatar 2017 dan Aragon 2017, 2018 (ketiganya bersama Aleix Espargaro) serta Australia 2019 (Andrea Iannone) merupakan capaian terbaik sejauh ini.

 

 

 


Sumber Liputan6.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar