Di Pekanbaru, Hari Ini Satu Keluarga Dinyatakan Positif Covid-19

  • Senin, 10 Agustus 2020 - 18:20:39 WIB | Di Baca : 1420 Kali

SeRiau - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Pekanbaru bertambah 17 orang. Tujuh orang merupakan satu keluarga yang dinyatakan positif dengan gejala.

Hal itu dikatakan Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi bahwa hari ini kasus positif bertambah 17 orang. Sehingga total kasus positif hingga saat ini berjumlah 259 orang.

Dikatakan Mulyadi, dari jumlah kasus konfirmasi hari ini, 7 orang di antaranya merupakan satu keluarga. Yaitu HZ (26) laki-laki warga Kelurahan Harjosari, Kecamatan Sukajadi. "Pasien masuk rumah sakit pada 6 Augustus dengan keluhan demam, badan lemas dan pegal, tidak ada riwayat berpergian dan tidak ada kontak erat dengan pasien positif," kata Mulyadi, Senin (10/8/2020).

Loading...

Dari pasien HZ kata Mulyadi, menularkan kepada 6 orang keluarga dekatnya. Yaitu H (45) wanita, ibu dari HZ, K (57) laki-laki, yang merupakan ayah dari HZ.

"Selanjutnya AZ (24) wanita, NA (23) wanita, NI (19) wanita, dan MH (21) laki-laki. Empat orang itu merupakan adik dari HZ," jelas Mulyadi.

Tujuh pasien ini kata Mulyadi, tinggal serumah dan tidak memiliki riwayat perjalanan. Ketujuh pasien ini juga memiliki gejala Covid-19 seperti demam, batuk, flu, meriang, dan mual-mual.

Pasien positif selanjutnya ialah LS (34) wanita, Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Payung Sekaki. Pasien masuk rumah sakit pada 7 Agustus  dengan keluhan demam, pegal, nyeri ulu hati, badan lemas.

Pasien diketahui bekerja di bank dan tidak ada riwayat perjalanan, serta menyangkal kontak erat dengan pasien positif.

Kemudian MWH (22) laki-laki, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan. Pasien masuk rumah sakit pada 3 Agustus dengan keluhan batuk selama tiga bulan, neyeri dada, mual, dan hasil diagnosis radang paru-paru.

Pasien positif selanjutnya ialah RR (27) laki-laki, warga Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, RG (23) laki-laki, warga Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, CWTO (27) wanita, warga Kelurahan Sukamulia, Kecamatan Sail. Ketiga pasien ini merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya.

"Ketiga pasien merupakan karyawan yang bekerja di salah satu bank," ujarnya.

Kemudian DS (40) laki-laki, warga Kecamatan Senapelan, RH (52) wanita, warga Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan. Kedua pasien mengikuti swab massal dan didapatkan hasil positif Covid-19. Riwayat perjalanan dan kontak kasus belum diketahui.

RF (20) laki-laki, warga Kelurahan Sukamulia, Kecamatan Sail. Pasien mengikuti swab di Rumah Sakit Tentara dan hasilnya positif Covid-19. 

SA (23) wanita, warga Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya. Pasien mengikuti swab mandiri di RSUD Arifin Achmad dan hasilnya positif Covid-19.

Terakhir Y (45) wanita, warga Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan. Pasien ini suspek di RS Awal Bros Panam, yang mulai dirawat 8 Agustus.

Disebutkan Mulyadi, pasien RR, RG, CWTO, DS, RH, RF, SA, dan Y ini tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala. "Istilahnya ialah kasus konfirmasi asimtomatik atau tanpa gejala," ucapnya.

Berdasarkan data tersebut, total pasien positif yang dirawat sebanyak 109 orang, 144 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar