Rooney Salahkan Fergie Saat Kalah di Final Liga Champions

  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:53:25 WIB | Di Baca : 1298 Kali

SeRiau - Masih ingatkah para penikmat sepakbola tentang kekalahan Manchester United dalam dua final Liga Champions kontra Barcelona? Itu terjadi pada 2009 dan 2011. Wayne Rooney salah satu tokoh yang terlibat dalam laga-laga tersebut. Ia mantan penyerang United yang kini membela Derby County.

Tahun-tahun berlalu, Rooney akhirnya buka suara mengenai penyebab kegagalan mereka. Ia menyebut taktik Sir Alex Ferguson biang dari semua itu. Menurutnya, Ferguson meminta mereka bermain dengan pressing tinggi.

Rooney menilai apa yang diinstruksikan Fergie sama saja tindakan bunuh diri. Sebab Barca di era itu sangat nyaman dalam membangun permainan dari belakang dan menguasai bola. Ketika mendapatkan ruang lebih di pertahanan lawan, Lionel Messi cs didikan Josep Guardiola, semakin tak tertahankan.

Loading...

"Saya ingat, Alex Ferguson mengatakan kita adalah Manchester United, kita harus tampil menyerang. Itu budaya klub ini. Saya tidak terlalu yakin akan hal itu. Saya pikir jauh di lubuk hati terdalam, semua pemain tahu, itu pendekatan yang salah," ujar Rooney mengenang suasana hatinya lebih dari satu dekade silam, dikutip dari Marca, Selasa (4/8).

Sebelumnya kedua tim telah bertemu pada semifinal kompetisi terelit benua biru 2008. Saat itu MU keluar sebagai pemenang. Rooney berpendapat, Fergie meninggalkan taktik yang mereka pakai di tahun 2008 tersebut. "Tentu saja, pada akhirnya kami kalah dalam dua pertandingan," ujar sosok yang juga berstatus legenda hidup Iblis Merah ini. Era Ferguson di Manchester United telah berakhir.

Terhitung sejak 2013 lalu. Sempat timbul tenggelam, kini United mulai konsisten di level teratas. Skuat polesan Ole Gunnar Solskjaer finish di peringkat ketiga klasemen akhir Liga Primer Inggris musim 2019/2020. Selanjutnya, Paul Pogba dan rekan-rekan kembali ke Liga Champions. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar