Sapi Kurban Jokowi Sempat Ngamuk-Lepas di Rumdin Bupati Kulon Progo

  • Kamis, 30 Juli 2020 - 22:06:04 WIB | Di Baca : 861 Kali

SeRiau - Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengamuk dan lepas di rumah dinas Bupati Kulon Progo. Sapi jenis simental dengan bobot hampir mencapai 1 ton ini akhirnya berhasil dievakuasi.

"Tadi itu sapinya sempat mengamuk dan saat akan kita pindah ternyata talinya lepas," kata Kabag Kesra Setda Kulon Progo, Jazil Ambar Wasan, Kamis (30/7/2020).

Jazil menjelaskan, sapi ini merupakan bantuan dari Jokowi yang diberikan di Kepatihan, Yogyakarta. Dari Kepatihan, sapi itu dibawa ke rumah dinas Bupati Kulon Progo untuk diteruskan kepada penerima, bersama dengan sapi dan kambing kurban lainnya.

Loading...

Begitu diturunkan dari truk, sapi ini diikat pada pohon cemara dan pohon lainnya yang ada di halaman rumah dinas bupati. Lantaran kepanasan, panitia berusaha memindah ke tempat yang teduh. Saat didekati sapi ini mengamuk sehingga menyebabkan pohon cemara tumbang.

"Belum sempat dipindah talinya sudah putus, setelah pohon cemara tumbang," jelasnya.

Beruntung sapi ini lari ke halaman belakang rumah dinas bupati yang dikelilingi tembok. Sapi tersebut terjebak di sudut halaman belakang. Agar tidak kabur, diberikan kayu untuk sekat agar sapi ini tidak bebas berlari.

Setelah beberapa jam, sapi ini akhirnya berhasil dievakuasi dengan mendatangkan pawang sapi. Sapi ini diikat dan tali keloh kembali dipasang. Selanjutnya sapi ini dinaikkan ke atas truk dan dibawa ke Masjid Al Iman yang ada di Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo. Rencananya sapi kurban ini akan disembelih pada hari Sabtu (1/8) lusa.

"Kita sembelih hari keduanya, hari pertama untuk hewan kurban lokal," terang Ketua Takmir Masjid Al Amin, Mardi Santoso, saat dimintai konfirmasi. (**H)


Sumber: detikNews




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar