Covid-19 di Pekanbaru Bertambah 6 Kasus, 4 Orang Tenaga Kesehatan

  • Jumat, 24 Juli 2020 - 18:40:26 WIB | Di Baca : 2892 Kali

SeRiau - Perkembangan kasus Covid-19 di Pekanbaru pada Jumat (24/7), enam orang dinyatakan positif Covid-19. Empat orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan.

Hal itu dikatakan oleh Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi bahwa kasus positif Covid-19 kembali bertambah. "Hari ini kasus positif bertambah 6 oran," katanya.

Disebutkannya, enam pasien positif itu ialah DL (31) wanita, warga Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, DS (34) wanita, warga Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, MT (44) wanita, warta Kelurahan Bina Widya, Kecamatan Tampan.

"Pasien DL, DS dan MT merupakan teman kerja dari pasien positif FYP (24) wanita, warga Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, yang bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru," ungkapnya.

Kemudian pasien positif berikutnya ialah SH (33) wanita, warga Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi. Pasien diketahui positif Covid-19 saat mengikuti pemeriksaan swab massal tahap II di RSUD Arifin Achmad.

Selanjutnya IH (30) wanita, warga Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan. Dikatakannya, IH melalukan swab mandiri di RS Awal Bros Sudirman dengan keluhan nyeri tenggorokan. Namun pihaknya belum mengetahui riwayat perjalanan pasien.

Berikutnya TSS (61) laki-laki, warga Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya. Pasien diketahui positif Covid-19 dengan melalukan swab mandiri di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru. 

Dikatakan Mulyadi, TSS ini ingin pulang ke Malaysia karena sudah tiga bulan tinggal di Pekanbaru. Pasien ingin pulang ke Malaysia karena keluarganya di sana.

Pasien TSS mengaku juga tidak ada keluhan sama sekali.

Disimpulkan Mulyadi, dari enam pasien positif hari ini, lima di antaranya tanpa gejala dan keluhan apapun. "Lima di antaranya tanpa gejala atau kasus konfirmasi asimtomatik," ucapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa empat dari enam orang positif itu merupakan tenaga kesehatan. Namun pihaknya tidak memastikan apakah itu tenaga kesehatan atau petugas administrasi.

"Hari ini kita turut berduka atas kasus positif yang menimpa tenaga kesehatan. Ada empat orang tenaga kesehatan kita yang dinyatakan positif Covid-19," ungkapnya.

Menurutnya, tenaga kesehatan adalah garda terakhir, sedangkan masyarakat adalah garda terdepan. Oleh karena itu, pihaknya terus mengingatkan masyarakat agar taat protokol kesehatan.

"Gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, makan makanan bergizi, dan olahraga teratur," imbaunya.

Perlu diketahui, hingga saat ini kasus positif din Pekanbaru mencapai 134 orang. Di mana 41 orang masih dirawat, 87 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar