Babinsa Koramil 11/Tambusai Dampingi Petani Melalui Demplot Tanaman Jagung

  • Senin, 20 Juli 2020 - 12:21:08 WIB | Di Baca : 28107 Kali

SeRiau - Bintara Pembina desa (Babinsa) Koramil 11/Tambusai Serma Syafwardi melaksanakan pendampingan berupa perawatan tanaman jagung di Demplot Karhutla milik Mardi, warga Desa Talikumain, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (20/7/2020).

Dalam pendampingan tersebut, Babinsa Serma Syafwardi memberikan penyuluhan kepada warga untuk memperhatikan masalah utama penanaman jagung. Masalah tanaman jagung saat ini disebabkan oleh hama, gulma atau rumput-rumput yang cukup mengganggu dalam peningkatan produktivitas budidaya tanaman jagung.

Sementara itu, Pemilik lahan Mardi berterimakasih kepada Serma Syafwardi yang rutin membantu petani di wilayahnya. Menurutnya, Babinsa telah meluangkan waktunya mendampingi para petani dalam menanam jagung maupun tanaman lainnya. 

"Dengan pendampingan Babinsa, para petani khususnya di desa ini mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara merawat dan menanam Jagung dengan benar," kata Mardi.

Ia berharap, dengan adanya pendampingan seperti ini akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan dan memuaskan. "Sehingga tidak ada lagi lahan yang terbengkalai menjadi semak belukar, yang dapat menimbulkan Karhutla saat musim kemarau," imbuhnya.

Terkait kegiatan itu, Komandan Koramil (Danramil) 11/Tambusai Kapten Inf M Fadhil sangat mengapresiasi kegiatan Babinsa jajarannya dalam melakukan pengawalan dan pendampingan petani di wilayah binaan.

"Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk terus memotivasi para petani agar terus giat dan lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Sehingga bisa meningkatkan produktifitas panen guna percepatan swasembada pangan sekaligus memberikan contoh kepada para petani untuk selalu peduli mengolah lahan yang semak belukar dan terhindar dari ancaman kebakaran hutan dan lahan," jelasnya.

Ia menilai, Babinsa juga selalu berupaya semaksimal mungkin untuk membantu para petani supaya dapat meningkatkan hasil produksinya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar