Calon Pekerja dari Sumsel Positif Covid-19 di Pekanbaru, Sempat Tinggal di Mess

  • Senin, 13 Juli 2020 - 17:32:31 WIB | Di Baca : 2137 Kali

SeRiau - Pasien positif Covid-19 di Pekanbaru kembali bertambah satu kasus. Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, Senin (13/7/2020) pukul 17.00 WIB satu kasus positif tersebut berasal dari luar Kota Pekanbaru.

Hal itu dikatakan oleh Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi bahwa hari ini kasus positif bertambah satu orang. Yaitu R (26) laki-laki, warga Kelurahan Suka Raja, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

"Pasien R masuk rumah sakit pada 10 Juli 2020 tanpa ada keluhan apapun," ujar Mulyadi.

Dijelaskannya, R merupakan calon pekerja yang berasal dari Sumatera Selatan. Pasien akan bekerja di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Sesuai prosedur perusahaan kata Mulyadi, setiap pekerja yang masuk harus melalukan screening melalui rapid test ataupun swab. Kemudian R melalukan rapid test secara mandiri dan didapatkan hasil reaktif.

"Selanjutnya pasien melalukan pemeriksaan swab PCR, dan hari ini hasil swabnya keluar dan diumumkan positif Covid-19," ungkapnya.

Mulyadi mengatakan, bahwa pasien R juga sempat tinggal di mess pekerja di Pekanbaru dan menyangkal adanya kontak dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya. Sebagai tindak lanjut penanganan kasus, pihaknya melalui Dinas Kesehatan akan melalukan kontak tracing terhadap pasien untuk mengetahui kontak erat.

Berdasarkan data tim gugus tugas Pekanbaru, kasus positif Covid-19 saat ini berjumlah 90 orang. Dengan rincian 3 orang masih dirawat, 81 orang dinyatakan sembuh dan pulang, dan 6 orang meninggal dunia.

Selain penambahan kasus positif, tim gugus tugas Pekanbaru juga mengabarkan adanya satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia. Yaitu N (37) wanita, warga Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai.

Pasien diketahui masuk rumah sakit pada 10 Juni 2020 dengan keluhan mual, nyeri ulu hati, demam naik turun sampai dua minggu. Kemudian sesak nafas, tidak nafsu makan, pasien juga post partum usai melahirkan selama 13 hari.

Terhadap pasien juga telah dilakukan pemeriksaan swab dan pasien dinyatakan meninggal pada 13 Juli 2020.

Sehingga total PDP meninggal saat ini berjumlah 74 orang dari 872 orang PDP. Diketahui 32 orang PDP masih dirawat dan 766 orang dinyatakan sehat dan pulang.

Sedangkan untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) hari ini juga bertambah 7 orang. Sehingga total ODP saat ini berjumlah 6.625 orang, 60 orang di antaranya masih dalam pemantauan dan 6.565 orang dinyatakan selesai pemantauan. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar