Menuju Zona Hijau, Tim Gugus Tugas Pekanbaru Lakukan Rapid Test Massal

  • Selasa, 07 Juli 2020 - 20:25:31 WIB | Di Baca : 1212 Kali

SeRiau - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru kembali melakukan penyemprotan disinfektan dan rapid test massal. Kali ini kegiatan dilakukan di Kecamatan Senapelan, tepatnya di Rumah Singgah Tuan Kadi, Selasa (7/7/2020).

Untuk, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan oleh petugas yang terdiri dari BPBD, PMI, TNI, Polri, Damkar, Dinas Kesehatan, Kecamatan Senapelan. Fokus penyemprotan dilakukan terhadap rumah warga, fasilitas umum, tempat sosial, dan rumah ibadah.

Sedangkan untuk pemeriksaan rapid test, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyediakan sebanyak 500 alat rapid.

Loading...

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan bahwa sebanyak 500 alat rapid test disediakan untuk memeriksa kesehatan warga di Kecamatan Senapelan.

Dijelaskannya, kasus Covid-19 di Pekanbaru terjadi kenaikan setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir akhir Mei lalu. Awalnya, penambahan kasus positif datang dari luar daerah Kota Pekanbaru, kemudian muncul beberapa klaster, seperti klaster Bank BUMN dan Palembang.

Namun, penyebaran kasus dapat segera diputus dengan melakukan tracking (pelacakan kontak) pasien positif Covid-19 dan juga melakukan rapid test dan test swab massal. 

"Saat ini Kota Pekanbaru masih dalam zona kuning. Namun kalau dilihat dari peta nasional Riau, kota Pekanbaru sudah zona hijau. Karena dari peta nasional itu yang zona merah dua provinsi. Sumatra Selatan dan Sumatra Utara," terang Firdaus, 

Namun, menurutnya untuk lebih detail lagi Pekanbaru ini berada pada zona kuning. Karena masih ada sembilan pasien positif Covid-19 yang masih dalam perawatan. 

Ia katakan, Kota Pekanbaru saat ini rasio penularan di Pekanbaru telah kembali dibawah angka 1, dari sebelumnya RO mencapai 4. Saat ini rasio penularan kasus Covid-19 di Pekanbaru berada diangka 0,8.

Jika tidak ada penambahan kasus baru dan tidak ada lagi pasien positif Covid-19 yang dirawat, maka Pekanbaru akan bersiap menuju zona hijau. 

"Bahkan, apabila dalam dua minggu kedepan nihil penambahan kasus Covid-19, dan tidak ada pasien positif yang dirawat, Kota Pekanbaru bisa kembali berstatus zona hijau," jelas Firdaus. 

Pihaknya juga berencana akan melakukan rapid tes masal dan penyemprotan cairan disinfektan di Kecamatan Limapuluh. 11 Kecamatan lainnya juga telah dilakukan rapid test massal.

Saat ini pergerakan masyarakat di kota Pekanbaru juga telah dilonggarkan. Ia meminta masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan tetap waspada. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar