Sambut Idul Adha 1441 H, Panitia Qurban Perlu di Edukasi Tata Cara Penyembelihan Hewan Qurban Yang Baik dan Benar

  • Selasa, 07 Juli 2020 - 19:21:18 WIB | Di Baca : 2603 Kali
Rois SAg Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru

 

SeRiau- Jelang pelaksanaan hari Raya Idul Adha(1441 H) di akhirJuli 2020, wakil fraksi PKS DPRD Kota Pekanbaru Rois, S. Ag meminta kepada pemerintah kota Pekanbaru melalui Dinas Peternakan dan Pertanian kota Pekanbaru untuk memberikan sosialisasi serta edukasi tentang tata cara penyembelihan yang baik dan benar kepada panitia kurban disetiap masjid dan musholla di kota Pekanbaru. 

Langkah ini sangat perlu untuk disampaikan kepada panitia kurban agar tata cara penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan benar. Selama ini ada kita lihat bahwa panitia kurban mengasah pisau atau parang didepan hewan yang dikurbankan, padahal hal seperti ini tidak boleh dilakukan oleh panitia kurban. Kemudian, menyembelih hewan kurban tidak boleh didepan hewan-hewan kurban yang lainnya," ungkap Rois. Selasa(7/7/2020) 

Loading...

Selain itu, penyembelihan hewan kurban harus dilakukan dengan prinsip kasih sayang serta termasuk pemilihan hewan kurban yang baik(tidak cacat) dan sehat serta cukup usianya," ungkap Rois 

Disisi lainnya, Dinas Peternakan dan Pertanian harus melakukan pengecekan terutama tes darah terhadap hewan kurban yang masuk dari luar kota Pekanbaru, apakah hewan kurban tersebut terkena virus atau tidak. Maka persoalan tentang edukasi tentang tata cara penyembelihan hewan kurban harus diberikan Dinas terkait kepada panitia kurban sehingga panitia kurban bisa memahami tentang penyembelihan hewan kurban dengan baik dan benar," ungkap Rois.(***)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar