Tambahan Positif Covid-19 di Pekanbaru 5 Orang, 1 Meninggal

  • Selasa, 23 Juni 2020 - 18:46:02 WIB | Di Baca : 1926 Kali

SeRiau - Perkembangan Covid-19 di Pekanbaru masih belum reda. Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, Selasa (23/6) pukul 17.00 WIB, kasus positif bertambah 5 orang.

Hal itu dikatakan oleh Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi bahwa hari ini kasus positif kembali bertambah 5 orang. "Sehingga total kasus positif di Pekanbaru berjumlah 70 orang. Di mana 25 orang masih dirawat, 39 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia," ujar Mulyadi.

Ia menyebutkan, lima pasien positif ialah pertama Tuan HS (24), warga Kelurahan Kedokan, Kecamatan Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pasien masuk rumah sakit pada 19 Juni dengan keluhan sesak nafas, batuk berdahak, pilek, ada riwayat perjalanan dari Palembang. Kemudian pasien dirujuk ke RSUD Arifin Achmad.

Pasien kedua yaitu Tuan N (83), warga Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Pasien masuk rumah sakit pada 17 Juni dengan keluhan sesak nafas, batuk. Pasien diketahui tidak ada riwayat perjalanan dan dirujuk ke RSUD Arifin Achmad.

Kemudian pasien ketiga yaitu Nona MJ (60), warga Kelurahan Bina Widya, Kecamatan Tampan. Pasien masuk rumah sakit pada 19 Juni dengan penurunan kesadaran dan sesak nafas. Pasien juga diketahui ada komorbit kanker usus dan meninggal dunia 23 Juni 2020.

Selanjutnya, pasien positif keempat yaitu Nona YS (78), warga Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi. Pasien YS merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD Arifin Achmad yang masuk rumah sakit pada 20 Juni dengan keluhan sesak nafas. Pasien juga diketahui jatuh di rumah satu kali dan tidak ada riwayat perjalanan.

Pasien positif kelima yaitu Nona NP (26), warga Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Pasien merupakan kontak erat dari kasus positif almarhum Tuan NC, yang merupakan istri sepupu dari kasus positif Nona GSN.

Mulyadi menjelaskan, dari data tambahan kasus positif tersebut, bahwa Tuan N, almarhumah MJ, dan Nona YS yang dinyatakan positif, sebelumnya adalah berstatus PDP. Kemudian satu kasus datang dari Jawa Barat yaitu Tuan HS, dan satu masih klaster Palembang yaitu atau almarhum Tuan NC yaitu Nona NP.

Selain penambahan kasus positif, Ia juga menyebutkan data kasus PDP dan Orang Dalam Pemantauan (ODP). Dikatakannya, hari ini PDP di Pekanbaru bertambah 5 orang, dengan total kasus sampai saat ini berjumlah 689 orang.

"Di mana 26 orang masih dirawat, 596 orang dinyatakan sehat dan 67 orang meninggal dunia," sebut Mulyadi.

Sedangkan untuk ODP kata Mulyadi, bertambah 15 orang dengan total jumlah saat ini mencapai 6.161 orang. Sebanyak 6.002 orang dinyatakan selesai pemantauan dan 159 orang masih dalam pemantauan.

Di samping itu, pihaknya terus mengingatkan masayarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan. Dengan disiplin menggunakan alat pelindung diri untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Gunakan masker bila keluar rumah, hindari kerumunan, jaga jarak, jaga kebersihan diri minimal cuci tangan, istrirahat teratur, makan makanan bergizi, dan olahraga rutin," imbaunya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar