Disiplin Jadi Kunci Cegah Penyebaran Covid-19

  • Selasa, 16 Juni 2020 - 11:29:25 WIB | Di Baca : 2822 Kali

SeRiau - Babinsa Koramil 15/KK Kodim 0313/Kpr Serda Yusdanur bersama personel gabungan melakukan sosialisasi kepada masayarakat tentang pentingnya kedisiplinan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mulai dari kedisiplinan menjaga jarak fisik dan sosial hingga melaksanakan ibadah di rumah.

Serda Yusdanur mengatakan, bahwa sosialisasi pendisiplinan dilakukan oleh tim gabungan di tempat-tempat keramaian yang ada di Kabupaten Pelalawan, Selasa (16/6/2020).

"Kedisiplinan dengan menjalankan physical dan social distancing (jaga jarak fisik dan sosial), kerja di rumah, beraktivitas di rumah serta beribadah di rumah akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari manusia ke manusia lainnya," terang Serda Yusdanur.

Tokok Masyarakat M Syarkawi mengatakan bahwa pemerintah bertugas memastikan agar masyarakat yang menjalankan kebijakan physical distancing dapat terpenuhi kebutuhan dasarnya. Misalnya terhadap masyarakat yang bekerja di sektor informal, pekerja harian dan buruh lepas.

Dengan jaminan ketersediaan kebutuhan dasar itu, dapat membuat kehidupan masayarakat terjamin saat berdiam di rumah. Jika kebutuhan dari masyarakat dengan strata seperti ini tidak terpenuhi pemerintah, ungkap Tomas, di sinilah pentingnya peran serta masyarakat yang berada di lingkungan tersebut.

"Masyarakat sekitar harus peduli dan berempati kepada mereka yang tidak mampu. Komunitas dan lingkungan terkecil seperti RT sangat penting dan menjadi garda terdepan dalam membantu mengantisipasi kelompok masyarakat yang terdampak secara sosial hingga ekonomi akibat Covid-19 ini," kata Syarkawi.

Senada dengan itu, Babinsa juga menyatakan kesadaran untuk menjaga physical distancing disertai dengan kepedulian partisipasi masyarakat di lingkungan komunitas seperti RT atau perumahan. Menurutnya, ini akan sangat membantu keterbatasan pemerintah untuk menjalankan kebijakan penerapan disiplin.

"Percuma kebijakan disiplin diterapkan tanpa kesadaran tentang pentingnya memutus mata rantai persebaran Covid-19 tidak dimiliki masyarakat sendiri. Untuk itu, menumbuhkan partisipasi, solidaritas sosial, gotong royong dan menumbuhkan kembal sosial kebersamaan dalam masyarakat akan sangat membantu terhindar dari dampak sosial ekonomi dari Covid-19 ini," tegas Babinsa. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar