Evakuasi Bodi Jet Tempur AU yang Jatuh di Riau Tunggu Investigasi Selesai

  • Senin, 15 Juni 2020 - 21:31:07 WIB | Di Baca : 3129 Kali

SeRiau - Pesawat tempur Hawk 209 milik TNI AU yang jatuh di Kampar, Riau, belum dievakuasi dari lokasi. Pesawat akan dievakuasi setelah proses investigasi selesai dilakukan.

"Belum (dievakuasi). Prosedurnya tidak boleh digeser atau dipindahkan sebelum Tim Penyelidikan Penyebab Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) dari Mabes TNI AU selesai melaksanakan tugasnya," kata Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Sus Muhammad Yuris, lewat pesan singkat, Senin (15/6/2020).

Yuris mengatakan diperkirakan menghabiskan waktu selama dua pekan. "Waktu perkiraan," ucap Yuris.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan pihaknya bakal melakukan investigasi lengkap terkait jatuhnya pesawat tempur di Kampar, Riau. Investigasi diperkirakan berlangsung 2 minggu.

"Investigasi berlangsung dua minggu," kata Fadjar di Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru, Riau, Senin (15/6).

Bangkai pesawat yang jatuh saat ini masih berada di salah satu kawasan perumahan di Kampar, Riau. Fadjar mengatakan pesawat yang jatuh itu masih berada di lokasi untuk keperluan investigasi.

Dia mengatakan pihaknya juga bakal mengecek ulang kondisi kesehatan pilot. Dia memastikan pilot pesawat tersebut, Lettu Pnb Apriyanto Ismail, selamat dan sedang dirawat di RS.

"Sehat, baik, kondisi psikis secara visual baik. Tapi akan dilaksanakan tes psikologi. Investigasi sangat lengkap, penerbang dicek kesehatan lagi, psikologis dites lagi, yang lain-lain, pesawat dicek tim khusus lagi," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, jet tempur Hawk 209 tersebut terjatuh saat hendak mendarat usai latihan terbang rutin. Pilot selamat setelah menggunakan kursi lontar. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar