Kemenpora: Pelatih Jadi Tulang Punggung Pembinaan Atlet Nasional

  • Rabu, 10 Juni 2020 - 21:59:13 WIB | Di Baca : 1672 Kali

SeRiau - Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, membuka acara Sosialisasi Permenpora No.1 Tahun 2020 secara virtual di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. 

Dalam kesempatan itu, Chandra menilai para pelatih telah menjadi tulang punggung dalam pembinaan atlet olahraga nasional. 

Chandra menuturkan, secara nasional, kebutuhan pelatih yang memiliki sertifikasi pendidikan sarjana olahraga minimal 30 persen. Namun, saat ini target minimal tersebut belum tercapai. 

"Saat ini para pelatih olahraga yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana olahraga hanya 21% padahal kebutuhan minimal yang diperlukan adalah 30%," kata Chandra dalam keterangannya, Rabu (10/6).

Sosialisasi Permenpora Nomor 1 Tahun 2020 ini terkait Pelaksanaan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Pelatih Olahraga dan Jabatan Fungsional Asisten Pelatih Olahraga melalui Penyesuaian/Inpassing. Lewat Permenpora itu, salah satu fokus Kemenpora adalah meningkatkan sertifikasi pelatih olahraga. 

"Kemenpora saat ini salah satu program prioritasnya terutama dalam bidang peningkatan prestasi olahraga pembinaan usia dini adalah dengan meningkatkan sertifikasi pelatih olahraga," jelasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi yang diikuti seluruh Kepala Dinas Olahraga Provinsi dan kepala BKD se-Indonesia, Chandra berharap momen ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat sinergi. Serta, diharapkan dapat menjalankan amanah Permenpora dengan baik.

"Dengan pengaturan Permenpora Nomor 1 Tahun 2020 ini akan dilihat secara ke seluruh bagaimana latar belakang pendidikannya para atlet, bagaimana latar belakang kemampuan yang dimiliki, maupun pengalamannya," ungkap Chandra. 

Ke depannya, ia berharap para pelatih olahraga dapat terus membina atlet-atletnya dengan baik. Seluruh pelatih juga diharapkan bisa memajukan olahraga Indonesia secara keseluruhan. 

"Semoga sosialisasi ini memberikan kemanfaatan yang besar. Forum ini selain juga menjadi forum silaturahmi antarkita yang sedang memasuki tatanan normal baru, juga memiliki harapan agar peningkatan prestasi olahraga nasional menjadi kebanggaan bangsa dan negara," tuturnya. 

Pembentukan Jabatan Fungsional Pelatih Olahraga dan Jabatan Fungsional Asisten Pelatih Olahraga yang tertuang dalam PermenpanRB Nomor 40 Tahun 2014 dan PermenpanRB Nomor 41 Tahun 2014 menjadi acuan Kemenpora dalam menyusun Permenpora No.1 Tahun 2020. 

Dalam acara sosialisasi ini, Chandra turut didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Esa Sukmawijaya, Sekretaris Deputi Kemenpora Marheni Dyah Kusumawati, Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora Sanusi, Asdep SDM Standarisasi dan Kompetensi KemenpanRB. Lalu juga narasumber lain yakni Prof. Hari A. Rachman dan Dr. M. Hamid Anwar. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar