Kasus DBD di Pekanbaru Mencapai 385 Orang, 5 Masih Dirawat

  • Jumat, 05 Juni 2020 - 10:13:35 WIB | Di Baca : 2297 Kali

SeRiau - Sejak awal tahun 2020, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru telah mencatat 385 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru memasuki pekan pertama di bulan Juni. Dari data seminggu terakhir, tercatat ada lima penambahan kasus baru.

"Cuma lima orang minggu ini yang sakit. Sisanya sudah sembuh," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Pekanbaru, Maisel Fidayesi, Kamis (4/6/2020).

Penambahan kasus ada di tiga kecamatan, seperti Kecamatan Sail bertambah satu kasus, Kecamatan Tenayan Raya bertambah tiga kasus dan Kecamatan Payung Sekaki satu kasus. 

"Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) intinya memberantas DBD. Karena faktor lingkungan yang menentukan keberhasilan DBD," jelasnya. 

DBD merupakan persoalan lingkungan, partisipasi masyarakat menjaga lingkungan sangat diperlukan.

"Bagaimana kita menata lingkungannya supaya tidak bertelur lagi nyamuk aedes aegypti itu," kata Maisel.

Diskes juga meminta peran Puskesmas di masyarakat terus dimaksimalkan. Masyarakat diajak supaya ikut membersihkan lingkungan bersama, melakukan 3M plus. 

Program Diskes Pekanbaru sudah lakukan penyuluhan kepada masyarakat, baik melalui dinas langsung atau melalui puskesmas. Juga ada program melalui Biaya Operasional Kesehatan (BOK). 

"Turun ke lapangan, langsung ke masyarakat jadi kita tidak menunggu di puskesmas lagi. Kita turun ke masyarakat, kita wajib turun mengajak masyarakat untuk memerangi DBD. Untuk obat, saya rasa cukup, untuk penanganan DBD cukup," jelasnya. 

Ada pun jumlah kasus DBD di Pekanbaru pada Minggu ke-22 yaitu Kecamatan Sukajadi 15 kasus. Kecamatan Senapelan 15 kasus. 

Kecamatan Pekanbaru Kota 7 kasus. Kecamatan Rumbai Pesisir 14 kasus.

Kecamatan Rumbai 25 kasus. Kecamatan Limapuluh 31 kasus.

Kecamatan Sail 5 kasus. Kecamatan Bukit Raya 42 kasus. 

Kecamatan Marpoyan Damai 52 kasus. Kecamatan Tenayan Raya 74 kasus.

Kecamatan Tampan 60 kasus. Kecamatan Payung Sekaki 45 kasus. Total kasus DBD sejak Januari 385 kasus. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar