Cegah Karhutla, Babinsa Bersama Babinkamtibmas Cek Ketersediaan Air di Embung

  • Senin, 01 Juni 2020 - 10:35:42 WIB | Di Baca : 1939 Kali

SeRiau - Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar Kodim 0313/Kpr Serma Elfis Idrus dan Babinkamtibmas Bripka Julizar Polsek Teluk Meranti lakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (Kathutla). Patroli dilakukan dengan memeriksa air di embung sebagai sumber air untuk pemadaman api jika terjadi kebakaran.

Kegiatan pengecekan air embung ini perlu dilakukan oleh Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar yang merupakan bagian dari tugas kesiapsiagaan Karhutla di musim panas. 

"Pengecekan embung bertujuan untuk mengetahui persediaan air di desa binaan. Apa lagi di saat musim kemarau sangat sulit untuk mendapatkan sumber air," ujar Serma Elfis, Senin (1/6/2020).

Loading...

Kemudian, Masayarakat Peduli Api (MPA) Desa Pulau Muda juga berperan aktif dalam menangani Karhutla. Selain itu, air yang ada di embung juga dapat di manfaatkan masarakat untuk menyirami tanaman di sekitar embung tersebut.

Serma Elfis menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan, Babinsa Bhabinkantibmas melakukan kroscek debet air di sepanjang pembuatan embung. Dari patroli yang dilakukan, pihaknya menilai debet air di embung saat ini masih terlihat cukup, bahkan, dengan kondisi debet air dengan tinggi 50-60 cm masih bisa dikatakan mampu untuk mengatasi apa bila terjadi kebakaran lahan.

"Beberapa embung yang ada saat ini masih terjaga dan persedian air masih ada untuk menanggulangi apa bila terjadi kebakaran lahan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyosialisasikan kepada masarakat untuk tidak membakar lahan. Kemudian apabila melihat lahan yang terbakar segera laporkan kepada petugas yang terkait agar cepat ditanggulangi supaya api tidak meluas. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar