1400 Orang Warga RW 17 Rejosari Berbuka dengan Lauk yang Sama

  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 21:41:48 WIB | Di Baca : 1124 Kali

 

Seriau,- Sebuah langkah maju. Di tengah Covid-19 melanda negeri ini, 1400 warga RW 17 Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, memunculkan terobosan baru. Yakni berbuka di rumah masing-masing tetapi dengan lauk yang sama untuk semua warga.

Penggagas acara berbagi sesama Effendi SH menyebutkan, setiap kepala keluarga akan mendapat delapan potong lauk yang sudah dimasak. Masing-masing empat potong ayam gulai dan empat buah telor balado ditambah capcai.

Loading...

Lauk yang siap saji dimasukkan ke dalam kotak. Kemudian diantar ke rumah-rumah warga. ''Alhamdulillah, kami dibantu ibu RT Hj Misrwati, SPd, MSi. Ia bersama ibu-ibu lainnya secara bergotong royong memasak nasi dan lauk di rumah. Termasuk mengkotakinya,'' kata Effendi Sabtu siang (16/05 2020).

Menurut Effendi, ide berbagi dan berbuka dengan lauk yang sama di rumah masing-masing muncul dari warga perumahan Indah Puri Garden RW 17. Tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, kata Effendi, seperti biasa warga perumahan menggelar acara buka puasa yang juga dihadiri tokoh-tokoh masyarakat.

Tetapi karena tahun ini kita menghadapi Covid-19, kegiatan berbuka diubah modelnya. Warga tidak diundang untuk berbuka puasa bersama ke satu tempat melainkan diantar lauk ke rumah masing-masing. Setiap rumah akan diantar delapan potong lauk untuk suami, istri dan anak-anak.

Lauk berbuka juga dikirim ke tokoh-tokoh masyarakat di luar RW 17. ''Ada sejumlah tokoh yang juga masuk dalam catatan pengantaran. Tadinya kita ingin mengirim lauk untuk warga di tiga RW namun karena kemampuan kita yang terbatas maka kita bagi saja lauk berbuka untuk warga RW 17,'' ucap Effendi.

Effendi berharap, paket berbagi ini dapat terus meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. Memperkokoh hablumminannas kita.

''Sekarang ini masa yang paling tepat bagi kita untuk berbagi. Tidak saja Ramadhan yang penuh keberkahan tapi juga corona virus. Mudah-mudahan sedikit yang kami beri ini sangat berarti bagi warga,'' tambah Effendi.

Di tempat terpisah Ketua RT II RW 17 Hj Misrawati, Spd, MSi mengaku senang bisa membantu warga untuk berbuka dengan lauk yang sama di rumah masing-masing. Memang ini tidak mudah sebab pihaknya harus mengkoordinir ibu-ibu untuk masak bersama.

''Jumlah yang mau dimasak sudah hampir sama volumenya dengan jumlah orderan orang pesta. Tapi saya lihat ibu-ibu pada bersemangat. Semoga kita bisa menyelesaikan tugas mulia ini tepat waktu,'' imbuh wanita kelahiran Bagan Siapi-api ini. (rls)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar