Relawan Corona Hitman FK UNRI Beri Edukasi Masyarakat Mengenai Wabah Covid 19

  • Kamis, 07 Mei 2020 - 10:37:22 WIB | Di Baca : 2998 Kali

 

Seriau,-Relawan Corona Hitman bentukan dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI) gencar memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai wabah Covid 19. Hal ini dilakukan karena masih banyak informasi yang simpang siur terhadap wabah Covid 19 dikalangan masyarakat.

" Oleh sebab itu, kami dari Relawan Corona Hitman memberikan edukasi kepada masyarakat secara online mengenai Covid 19 agar informasinya tidak simpang siur," kata salah satu Relawan Corona Hitman, Adinda Salsabila, Kamis (7/5) di Pekanbaru

Relawan terdiri dari tiga orang mahasiswa M Irvan Almaqdisi, Adinda Salsabila dan Aldina Misrafidayana Pulungan ini bertujuan mengedukasi mengenai bahaya dan pencegahan Covid 19 sehingga masyarakat akhirnya mampu mengambil manfaat dari informasi tersebut dan tidak termakan hoax yang beredar." Kami gencar mengedukasi jangan sampai masyarakat termakan isu dan mudah terjebak pada informasi palsu terkait wabah Covid-19. Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," kata M. Irvan Almaqdisi.

Relawan lainya Aldina Misrafidayana Pulungan juga mengatakan bentuk kegiatan yang dilakukan berupa pembuatan poster, video edukasi, edukasi di blog, membentuk virtual community di grup WhatsApp, dan melakukan penjagaan posko di FK UNRI dan Lab Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Diceritakannya, saat menjaga posko, kegiatan yang dilakukan mulai dari penerimaan dan pendataan barang bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan membantu membuat face shield homemade untuk didistribusikan ke Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

" Ya, dalam menjalankan tugas relawan, kami dibimbing oleh instruktur dari FK UNRI yakni dr. Ariza Julia Paulina dan DPL dari LPPM Ibu Geovani Meiwanda, S.Sos, MPA," kata Aldina.
 
Dalam melakukan virtual community banyak manfaat yang dirasakan oleh anggota grup salah satunya Aisyah Sabrina. Aisyah mengatakan kegiatan ini sangat membantu mengetahui informasi yang valid sehingga dirinya dapat menyampaikan ke orang orang terdekat. Selain itu, dirinya dapat langsung menanyakan pertanyaan yang masih diragukan didalam WhatsApp grup ini." Saya rasakan kegiatan ini sangat memberikan nilai positif bagi masyarakat ditengah pandemi Covid 19 saat ini," kata Aisyah

Untuk diketahui bahwa relawan Covid 19 ini juga dijadikan sebagai pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM UNRI). Mahasiswa FK UNRI yang ikut terdiri atas relawan dari berbagai angkatan yang telah memenuhi syarat dari LPPM untuk mengikuti program KKN. (zal/rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar