Jokowi Sodorkan 3 Pejabat Karier BI Pengganti Erwin Rijanto

  • Kamis, 30 April 2020 - 22:16:20 WIB | Di Baca : 1803 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan tiga nama pejabat karier dari lingkungan bank sentral nasional untuk menggantikan Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto. Pasalnya, masa jabatan Erwin akan berakhir pada 17 Juni 2020 mendatang. 

Sumber CNNIndonesia.com mengatakan Jokowi telah memberikan surat usulan tiga nama pengganti Erwin kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Tiga orang yang dipilih, yaitu pertama, Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung.

Kedua, Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Aida S. Budiman. Ketiga, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI Doni Primanto Joewono. 

Menurut sumber, saat ini surat dari kepala negara masih berada di pimpinan DPR dan belum diteruskan ke Komisi XI selaku komisi pelaksana uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). 

"Suratnya masih di pimpinan DPR," ucap sumber, Kamis (30/4). 

Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto mengungkapkan komisi keuangan belum menerima surat tersebut. Dengan begitu, belum ada penjadwalan untuk fit and proper test. 

"Komisi XI belum terima suratnya," ujar Dito. 

Menurut alurnya, bila komisi keuangan sudah mendapat terusan surat dan arahan dari pimpinan lembaga legislatif, maka komisi akan menggelar rapat tindak lanjut. Biasanya, Komisi XI akan lebih dulu mengundang tokoh-tokoh di bidang keuangan, mulai dari ekonom hingga pelaku usaha untuk memberi masukan mengenai sosok calon yang diajukan presiden. 

Setelah itu, Komisi XI akan menggelar fit and proper test dan menggelar pemungutan suara atau musyawarah terkait penentuan hasil. Bila sudah ada nama yang disepakati, maka akan dilaporkan ke presiden untuk kemudian diteruskan ke Mahkamah Agung (MA) dalam rangka pelantikan dan serah terima jabatan. 

Sebagai informasi, Juda Agung sebelumnya merupakan Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makroprudensial BI. Sementara Aida S. Budiman sebelumnya menduduki kursi Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI. Sedangkan Doni Primanto Joewono pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar