Pekanbaru Dapat Bankeu Dari Pemprov Rp 8, 3 Miliar, Hamdani : Manfaatkan Untuk RT dan RW Siaga Penanganan Covid 19 !

  • Rabu, 29 April 2020 - 21:53:18 WIB | Di Baca : 2947 Kali
Hamdani Ketua DPRD Kota Pekanbaru

 


SeRiau-  DPRD Kota Pekanbaru menyambut baik dengan adanya Bantuan Keuangan (bankeu) untuk Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebesar Rp8,3 miliar. 

Kucuran dana tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk percepatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Kita (DPRD) sangat menyambut baik, tentu dengan bantuan ini bisa untuk menunjang kinerja per Kelurahan di Pekanbaru untuk mengatasi Covid-19," sebut Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, Rabu (29/04/2020). 

Dengan Bankeu tersebut, Hamdani berharap agar dana tersebut dapat dimanfaatkan oleh Kelurahan dengan baik untuk menunjang setiap kegiatan yang dilakukan oleh Posko Kelurahan siaga dan juga RW siaga yang memang dibentuk untuk penanganan Covid-19. 

"Kita sangat berterimakasih atas bantuan dari Pemprov Riau atas perhatiannya untuk Kota Pekanbaru," jelasnya. 

Lebih jauh, Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku hingga saat pihaknya belum mengetahui kucuran dana tersebut diperuntukkan apa saja. Dari itu pihaknya sesegera mungkin akan memanggil pihak terkait.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri berharap Pemko Pekanbaru bisa sesegera mungkin menyalurkan sesuai pada peruntukan.

"Jadi pesan saya kepada Pemko Pekanbaru, segera gunakan dana tersebut, sesuai ketentuan. Seperti apa mekanismenya pasti sudah ada aturan,"  kata Azwendi. 

Disamping itu ia berharap pembagian bantuan untuk warga terdampak Covid-19 ke depan bisa dilakukan pembenahaan, agar tak terulang kembali kisruh yang saat ini santer disuarakan Rt atau Rw.

"Tolong harus lebih terbuka, aparatur pemerintah harus menjelaskan secara langsung kepada masyarakat terkait jumlah kuota penerima bantuan tersebut untuk setiap RT. Revisi kembali pernyataan-pernyataan yang tidak dipahami masyarakat, agar tidak menjadi bumerang," kata Azwendi.

Sebagaimana diketahui Pemerintah Provinsi Riau telah menyalurkan anggaran penanganan pencegahan Covid-19, yang diperuntukkan bagi 83 kelurahan yang tersebar di 12 Kecamatan Kota Pekanbaru sebesar Rp8,3 Miliar.

Asisten III Setdaprov Riau, Syahrial Abdi, mengatakan, bantuan keuangan khusus bagi Pemko tersebut telah ditransfer langsung ke rekening Pemko Pekanbaru, dan sudah bisa diserahkan ke masing-masing Kelurahan di Kota Pekanbaru.

“Kami sudah menyalurkan Bankeu kelurahan untuk Kota Pekanbaru sebesar Rp8,3 Miliar sudah dimasukkan kas Kota. Ini karena Pekanbaru sudah melaksanakan PSBB. Masing-masing Lurah menerima sebesar Rp100 juta untuk 83 Kelurahan yang tersebar di Kota,” kata Syahril. (***)





Berita Terkait

Tulis Komentar