Seiring Menerapan PSBB di Pekanbaru Hamdani : Realisasikan Segera Bansos Untuk Masyarakat Terdampak Covid 19 !

  • Jumat, 17 April 2020 - 16:23:19 WIB | Di Baca : 2298 Kali
Hamdani Ketua DPRD Kota Pekanbaru

 

SeRiau-  Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, meminta agar Pemerintah Kota Pekanbaru segera merealisasikan bantuan sosial seperti sembako kepada masyarakat yang terdampak langsung oleh wabah virus corona atau Covid-19. 

Perminataan Ketua DPRD Kota Pekanbaru ini menyusul telah diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru terhitung hari ini Jumat (17/4/2020) hingga 14 hari kedepan. Untuk itu, Pemko diminta hadir menanggulangi kebutuhan rumah tangga masyarakat yang terdampak.

"Kita terus mendorong Pemko untuk segera merealisasi bantuan sembako bagi masyarakaymt yang terdampak Covid-19. Karena kalau mengharapkan data dari PKH dan DTKS itu masih kurang, karena dampak dari Covid-19 ini hampir seluruh masyarakat pekanbaru, tapi karena keterbatasan kita tentu ada yang menjadi skala prioritas," Ungkap Hamdani, Jumat (17/4/2020) 

Menurut Politisi PKS ini lagi, Data yang ada saat ini di Pemko dalam hal ini di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru baru data Program Keluarga Harapan (PKH) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sementara untuk masyarakat yang terdampak langsung oleh wabah Covid -19 ini seperti masih dikumpulkan Pemko Pekanbaru melalui PMB-RW dalam program RW Siaga.

"Informasih yang kita dapati dari tim gugus tugas, bahwasanya untuk data yang ada di dtks itu ada sekitar 15.000 KK yang bakal mendapatkan bantuan, yakni bantuan sembako berupa beras dari Bulog dan lauk-pauk dari Pemko Pekanbaru yang akan dibagikan menjelang puasa," Ujar Hamdani lagi.

Sementara terkait rencana pengadaan dapur umum yang dibuat oleh Dinsos, Hamdani menyambut positif, namun Hamdani meminta teknis pelaksanaan diatur dan disingkronkan denga Pemrov Riau yang berencana melakukan hal yang sama.

"Untuk teknisnya bisa dikomunikasikan dan disingkronkan dengan yang dibuat oleh Pemrov. Kita dukung ini, mungkin lebih diatur teknis pelaksanaannya, karena psbb ini sudah mulai berlaku dan pergerakan warga Pekanbaru akan lebih diatur ritme dan kegiatan warga, baik dalam usaha maupun aktivitas sehari-hari," 

Terakhir Hamdani berharap peran aktif semua pihak untuk terlibat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap dirumah, sementara Pemko juga diminta hadir memberikan solusi kepada masyarakat yang terdampak, terutama kepada golongan masyarakat miskin baru yang ikut kena imbas, dimana ada pedagang, para UMKM dan usaha lainnya yang terpaksa tutup selama pandemi ini.

"Kita mengharapkan peran aktif semua pihak, termasuk peran media untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak banyak beraktivitas diluar rumah, dan pemko juga hadir untuk membantu menanggulangi kebutuhan rumah tangga dan dicariikan solusi yang praktis dan manusiawi," Pungkas Hamdani (***)





Berita Terkait

Tulis Komentar