Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

  • Selasa, 14 April 2020 - 20:45:01 WIB | Di Baca : 2295 Kali

SeRiau - Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru ajak masyarakat untuk bersama-sama menanam aneka tanaman pangan dan hortikultura di lahan pekarangan rumah masing-masing. Hal itu dilakukan untuk menyongsong Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru dalam upaya memutus mata rantai wabah Covid-19.

Dikatakan oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Bestina, bahwa seluruh lapisan masyarakat Kota Pekanbaru harus saling bersinergi dalam mempersiapkan kebutuhan pangan masing-masing keluarga. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

"Pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari ini, bisa dilakukan melalui penanaman aneka tanaman pangan dan hortikultura di lahan pekarangan rumah masing-masing," ujar Bestina, Selasa (14/4/2020).

"Sekecil apapun lahan pekarangan yang dimiliki tetap bisa untuk dilakukan penanaman tanaman. Baik yang dilakukan secara vertikultur (bertingkat) maupun  dengan menggunakan polybag," terang Bestina.

Dijelaskannya, dengan pekarangan yang dikelola dengan baik, akan memberikan manfaat kepada masyarakat itu sendiri. Pertama, dapat memenuhi pangan dan gizi keluarga. Kedua, dapat menjaga kesehatan, karena dengan beraktivitas setiap pagi hari secara tidak langsung masyarakat sudah berjemur dan mendapatkan sinar matahari untuk merubah pro vitamin D menjadi vitamin D. Selain itu, pangan yang dihasilkan tidak tercemar oleh residu pestisida

"Ketiga, mengurangi pengeluaran rumah tangga. Keempat, memperindah lingkungan. Kelima, sebagai media pendidikan anggota keluarga," lanjut Bestina.

Ia juga mengungkapkan, sebagian besar masyarakat hanya mengandalkan sumber pangan yang berasal dari luar pekarangan yaitu pasar, warung, supermarket, dan hanya sebagian kecil masyarakat yang sudah memberdayakan pekarangannya. 

Di sisi lain, sebagai kota dengan tujuan investasi, Pekanbaru dihadapkan pada permintaan pangan yang lebih cepat dibandingkan dengan penyediaannya. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pangan penduduk harus dipasok dari luar daerah.

"Fakta ini menggambarkan bahwa kita semua amat sangat tergantung pada pasokan pangan dari luar daerah. Melihat kondisi saat ini, kita tidak bisa tinggal diam dan berpangku tangan tapi harus bahu membahu dalam membangun ketahanan pangan di kota Pekanbaru," tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Dr Ir Hj Mutia Eliza MM, menghimbau kepada masyarakat Kota Pekanbaru agar mengelola pekarangan masing-masing untuk penyediaan pangan keluarga.

"Manfaatkan waktu pada saat stay at home untuk beraktivitas di pekarangan. Lakukan budidaya aneka tanaman pangan dan hortikultura, ternak dan ikan sebagai sumber protein, karbohidrat dan vitamin sesuai dengan luas lahan dan kemampuan keuangan yang dimiliki," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar