Selama Pemberlakuan PSBB, Hamdani Minta Pemko Siapkan Pangan Bagi Masyarakat

  • Senin, 13 April 2020 - 15:49:21 WIB | Di Baca : 634 Kali

 

SeRiau- Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mengingatkan kesiapan pangan bagi masyarakat selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru. Ia menyebut PSBB ini berdampak bagi ekonomi masyarakat.

"Saat tanggap darurat saja ada efek bagi ekonomi masyarakat, apalagi saat PSBB nanti," ujarnya kepada Tribun, Senin (13/4/2020).

Loading...

Hamdani menilai pemerintah kota harus cepat menyikapi kondisi tersebut. Pemerintah kota harus mendata jumlah masyarakat yang terdampak covid-19.

Ada sejumlah bantuan nantinya yang harus tepat sasaran. Apalagi tidak lama lagi sudah memasuki bulan Ramadhan 1441 H.

"Jadi harus diperhatikan yang benar-benar membutuhkan. Harus ada skala prioritas," jelasnya.

Proses pendataan penerima bantuan ini harus melibatkan RT dan RW. Ia menilai RT dan RW lebih tahu situasi dan ekonomi masyarakat.

Tim dari pemerintah kota bisa bersinergi untuk mendata masyarakat. "Kita ingatkan jangan sampai ada masyarakat yang butuh malah tidak terdata," ulasnya.

Pemerintah kota harus juga mencari sumber dana lain untuk bantuan itu. Dana untuk pengananan covd-19 di daerah masih terbatas.

Ia menilai APBD yang ada belum mencukupi untuk bantuan tersebut. : Gubernur Riau juga sempat sampaikan agar anggarannya siap untuk tiga bulan ke depan," jelasnya.

Politisi PKS pun mengajak masyarakat yang punya kelebihan rezeki bisa ikut berdonasi. Mereka bisa membantu masyarakat yang ada di sekitarnya.

Pemerintah Provinsi Riau juga berencana membantu dana operasional di kelurahan dan desa. Dana ini bisa untuk mendukung mobilitas RW Siaga di Kota Pekanbaru. (***)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar