Bantu Ekonomi Masyarakat, Pemko Pekanbaru Usulkan 2.597 Kartu Pra Kerja

  • Rabu, 08 April 2020 - 18:45:04 WIB | Di Baca : 813 Kali

SeRiau - Bantu perekonomian masyarakat di tengah wabah Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru usulkan masyarakat untuk mendapatkan kartu pra kerja.

Sejauh ini, Pemko Pekanbaru telah mengusulkan sekitar 2.597 orang untuk memperoleh kartu pra kerja. Mereka adalah para pekerja dari berbagai sektor yang terdampak wabah Covid-19.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan, hal itu merupakan langkah antisipasi dan kebutuhan daerah di berbagai bidang. Ada bidang perindustrian, perdagangan dan pangan dalam mencegah penyebaran dan percepatan penanganan covid-19.

Loading...

"Disnaker Kota Pekanbaru sudah mengusulkannya ke pemerintah provinsi, nanti data itu akan diverifikasi dan diteruskan ke pusat," ujar Ayat, Rabu (8/4/2020).

Dijelaskannya, ada sejumlah kriteria yang nantinya harus dipenuhi calon penerima kartu pra kerja. Mereka yakni pekerja di sektor non formal yang sudah di PHK dan pekerja yang dirumahkan tapi tidak menerima gaji atau upah saat dirumahkan. 

Kemudian para pekerja harian di sektor formal dan kesulitan usaha. Ada juga pekerja di sektor informal lain dan UKM. 

"Ada juga dari pekerja di UMKM atau TKI yang baru dipulangkan pasca wabah virus Corona ini," terangnya. 

Mereka yang telah mendapatkan kartu Pra kerja akan mendapatkan bantuan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan. 

Ayat, menegaskan bahwa para calon penerima kartu pra kerja bukanlah mereka penerima program bantuan sosial. Data yang diajukan nantinya menjalani proses penyaringan oleh pemerintah pusat. 

Petugas nantinya melakukan verifikasi terhadap nama, nomor kependudukan atau NIK, alamat hingga domisili kerja. Proses verifikasi dilakukan langsung oleh pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat juga mendorong ekonomi agar tidak jatuh terlalu dalam. Lewat kartu pra kerja ini nantinya dapat membantu ekonomi masyarakat ditengah wabah Corona ini," tutupnya. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar