Jokowi Imbau Masyarakat Pakai Masker, Aktivis: Jangan Cuma Perintah, Tapi Berikan Masker Gratis

  • Senin, 06 April 2020 - 19:17:26 WIB | Di Baca : 3053 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan masyarakat harus menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Arahan itu merupakan tindakan lanjut anjuran dari World Health Organization (WHO).

Presiden Jokowi pun memerintahkan agar masyarakat dalam keadaan sehat untuk menggunakan masker yang terbuat dari kain.

Dari instruksi tersebut, aktivis yang juga mantan Sekjen Prodem, Satyo Purwanto menilai bahwa Presiden Jokowi telah menyadari bahwa semua rakyatnya sangat berpotensi menjadi orang dalam pemantauan (ODP) pandemi virus corona atau Covid-19.

"Artinya semua orang berpotensi jadi ODP, makanya disuruh pakai masker semua," ucap Satyo Purwanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (6/4).

Karena, kata Satyo, sebelumnya Presiden Jokowi dan juga dipertegas oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bahwa masker hanya digunakan untuk orang yang sakit.

Alasannya saat itu, supaya bisa membedakan antara yang sedang sakit dengan yang sehat.

Namun demikian, Satyo pun juga berharap agar Presiden Jokowi tidak hanya memerintahkan rakyatnya menggunakan masker. Melainkan juga memberikan masker secara gratis.

"Yang mudah itu kasih perintah, tapi bagaimana susahnya sekarang masyarakat miskin mendapatkan masker, harusnya pemberian masker gratis kepada setiap kepala keluarga menjadi tanggung jawab pemerintah," pungkasnya. (**H)


Sumber: rmol.id





Berita Terkait

Tulis Komentar