Hormati Korban Corona, China Mengheningkan Cipta Nasional

  • Sabtu, 04 April 2020 - 12:51:07 WIB | Di Baca : 699 Kali

SeRiau - Suara sirine meraung di udara disertai pengibaran bendera setengah tiang menandakan momen mengheningkan cipta nasional selama tiga menit di China untuk mengenang orang-orang yang meninggal dunia dalam wabah virus corona (Covid-19).

Peringatan tersebut juga dilakukan untuk menghormati para 'martir' yang berjuang di garis depan melawan penyebaran Covid-19, termasuk Dokter Li Wenlian yang sempat terancam hukuman polisi karena mempublikasikan awal berita wabah tersebut.

Seluruh kota-kota besar di China mengheningkan cipta selama tiga menit, terutama Wuhan, kota sekaligus pusat virus corona. Bendera setengah tiang juga dikibarkan di kedutaan besar China dan konsulat luar negeri.

Loading...

Acara peringatan dan mengheningkan cipta di Beijing dipimpin langsung Presiden China Xi Jinping bersama para pejabat yang mengenakan jas hitam dengan anyelir putih. Mereka membungkukkan badan di depan bendera setengah tiang di Kompleks Kepemimpinan Zhongnanhai.

Momen-momen seperti ini pernah dilakukan China pada masa lalu ketika menandai kekejaman era Perang Dunia II.

Virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan pada Desember 2019. Sejak 23 Januari, Wuhan resmi memberlakukan lockdown untuk membendung penyebaran virus.

Namun, orang-orang kini sudah diizinkan keluar dan masuk Wuhan secara bertahap meski harus melewati pemeriksaan ketat. Lockdown akan secara resmi dicabut pada Rabu mendatang.

Pada Sabtu (3/4), China melaporkan satu kasus baru di Wuhan di antara 18 orang yang baru datang dari luar negeri. Mereka juga melaporkan empat kematian baru di sana.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, China memiliki 82.511 kasus dengan 76.923 orang pulih dan 3.330 meninggal dunia.

Meski penyebaran virus corona di China mulai rendah dan melambat, pemerintah tetap melarang warganya menghadiri pertemuan atau acara-acara besar demi mencegah gelombang kedua infeksi virus corona. (**H)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar