Tenaga Medis Tidak Hanya Butuh APD, Tapi Juga Gizi Yang Memadai , Kartini : APD Perlu Tapi Gizi Di Perhatikan Juga !

  • Selasa, 31 Maret 2020 - 17:43:55 WIB | Di Baca : 1596 Kali
Kartini SKM Anggota DPRD Pekanbaru Fraksi PKS

 

SeRiau- DPRD Kota Pekanbaru menyoroti lemahnya perlindungan pemerintah terhadap tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19 di Pekanbaru.

Anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi PKS, Kartini, SKM mengatakan, bentuk perhatian pemerintah harusnya tidak berkutat pada ketersediaan dan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) semata, melainkan perlu juga diperhatikan kondisi gizi para tenaga medis. 

"Sekarang kita lihat, pemerintah memang masih fokus (penanganan Covid-19) agar masyarakat patuh terhadap himbauan yang telah dikeluarkan, padahal para tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Corona, juga butuh kepastikan agar mereka tetap terlindungi," katanya Selasa, 31 Maret 2020 di Pekanbaru.

Bentuk perhatian ini perlu dilwakukan di tengah angka OPD di Riau telah menyentuh angka belasan ribu orang. Jika tenaga medis tidak mendapatkan perlindungan secara layak, maka masalah wabah corona juga sulit untuk diatasi, karena pasien pasti tak akan terlayani secara baik.

"Kami harap pemerintah bisa memberikan jaminan perlindungan kepada tenaga medis secara benar. Mereka juga punya keluarga. Pemerintah harus bisa menjamin bahwa para medis ini tetap bekerja dengan Alat Pelindung Diri (APD) yg cukup, Supaya tenaga medis juga tenang saat melakukan tugas," kata Kartini.

Memperhatikan keberlangsungan kesehatan tenaga medis dalam menghadapi Covid-19, kata Kartini, harus menjadi hal prioritas. Dengan jumlah ODP di Riau terus meningkat, menandakan bahwa para tenaga medis juga harus siap bekerja secara lahir-batin.

Kartini mengatakan, sebagai legislator, pihaknya punya kewajiban untuk mengingatkan pemerintah terhadap masalah ini. "Initinya (pemerintah) tolong jaga tenaga medis jangan sampai mereka juga menjadi korban, seperti yang dialami di banyak daerah. Dan kami tak ingin itu juga dialami oleh tenaga medis di Pekanbaru," sambungnya.

Lebih lanjut, Kartini mengungkapkan bahwa perlindungan terhadap tenaga medis tidak melulu soal ketersediaan dan Kelengkapan APD saja,  


Namun juga harus memperhatikan makanan tambahan untuk menjaga stamina Para tenaga medis yang bekerja harus mendapatkan makanan gizi seimbang serta kecukupan vitamin agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga.

"Selain itu, mereka juga perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah atas jasa-jasanya. Apresiasi itu bisa saja dengan honor tambahan dari pemerintah yang dialokasikan secara khusus. Supaya mereka (tenaga medis) juga merasa dihargai," tambahnya.(***)





Berita Terkait

Tulis Komentar