Indonesia Berencana Pulangkan 60 WNI Jadi ABK dari AS

  • Rabu, 18 Maret 2020 - 05:34:14 WIB | Di Baca : 1680 Kali

SeRiau - Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana memulangkan sekitar 60 kru atau anak buah kapal (ABK) yang saat ini masih berada di Amerika Serikat.

"Ada rencana mau memulangkan 60 anak buah kapal dari Amerika," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo di Jakarta, Selasa (17/3).

Saat ini, puluhan kru di kapal tersebut belum dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pemerintah Amerika Serikat apakah terpapar virus Corona atau tidak. Pemerintah Indonesia, ujar dia, hingga kini masih terus berusaha agar puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) di atas kapal itu dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum dipulangkan ke Tanah Air.

"Amerika belum mau tes, jadi tidak tau positif atau negatif. Kita masih minta dites, kalau kita tidak tau bahaya juga," katanya.

Terkait lokasi di mana para kru kapal tersebut akan diobservasi, Agus Wibowo mengatakan hingga saat ini belum diketahui pasti. Selain itu, untuk teknis pemulangan juga belum ada keputusan.

Meskipun demikian, pemerintah bertekad segera memulangkan para WNI di atas kapal tersebut. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar