Corona Sebabkan Perekonomian Menurun, Pemko Batalkan Sebagian Kegiatan

  • Selasa, 10 Maret 2020 - 10:45:11 WIB | Di Baca : 2049 Kali
Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST MT

SeRiau - Semakin maraknya isu wabah virus corona di Indonesia bahkan di dunia, membuat perekonomian negara menjadi anjlok, termasuk juga dengan perekonomian di daerah. 

Hal ini diungkapkan oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus, dengan adanya wabah corona bisa mengakibatkan estimasi pendapatan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Pekanbaru di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 tidak sama dengan realsiasinya. Baik dana bagi hasil dari pusat, provinsi atau juga Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kita berupaya untuk reality. APBD itu disusun dengan perkiraan-perkiraan pendapatan daerah dan pusat. Ini seratus persen kita evaluasi," kata Firdaus, Jumat (6/3/2020).

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pekanbaru akan meninjau ulang sejumlah kegiatan yang sudah terlanjut dialokasikan di dalam APBD murni. Sebab tidak menutup kemungkinan ada beberapa diantarnya yang mungki tidak bisa dilaksanaka ditahun ini juga.

Wali Kota juga menekankan, seluruh kegiatan yang diakomodir didalam APBD anggaran masih sebatas perkiraan. Sebab itu tidak ada masalah, jika memang kegiatan bersngkutan tidak jadi atau batal dilaksanakan ditahun ini.

"Tidak semua kegiatan-kegiatan yang sudah kita rancang dalam DPA untuk dilelang. Kita realita saja, berapa uang Pemko itu yang kita lelang," ungkapnya.

Namun demikian, Walikota mengakui sejauh ini Ia belum menerima laporan dari Sekda selaku ketua TPAD terkait apa saja kegiatan fisik di tahun 2020 yang terancam tidak bisa direalisasikan. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar