4 Orang Suspect Corona di RSUD, Dinkes: Belum Ada Terdeteksi

  • Senin, 09 Maret 2020 - 16:12:56 WIB | Di Baca : 1903 Kali
Plh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, M Amin

SeRiau - Hingga saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru terus berupaya melakukan pencegahan terhadap Covid-19 atau virus corona. Pencegahan dilakukan dengan cara mengisolasi pasien suspect virus corona.

Hal itu dikatakan oleh Plh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, M Amin, bahwa pihaknya hingga saat ini belum menemukan adanya pasien yang positif corona.

"Hingga saat ini Pekanbaru belum ada terdeteksi corona," kata Amin, Senin (9/3/2020).

"Semula hanya 1 pasien suspect corona, kini sudah bertambah menjadi 4 pasien suspect corona yang dirawat di RSUD Arifin Ahmad," lanjut Amin.

Sejauh ini kata Amin, berbagai informasi mengenai virus corona dan cara untuk mencegahnya masih terus disosilisasikan oleh DInas Kesehatan Kota Pekanbaru.

"Salah satunya adalah penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kehidupan sehari-hari. Yang paling gampang adalah mencuci tangan ketika usai melakukan aktifitas," sebut Amin.

Disamping itu, Amin juga mengimbau kepada warga Pekanbaru untuk tidak berpergian ke luar negeri terutama di negara yang sudah ditemukan kasus positif corona. Menurutnya, meskipun berbagai langkah pencegahan sudah dilakukan pemerintah setempat sudah ada, namun potensi untuk terjangkit virus corona tentu juga ada.

Amin menambahkan, untuk pemberlakuan pengukuran suhu tubuh dengan thermal scanner di perkantoran publik, menurutnya itu boleh-boleh saja. Akan tetapi hal tersebut tidak wajib dilakukan.

"Jika pihak kantor pelayanan publik menilai perlu, sah-sah saja. Karena untuk pembelian alat thermal scanner sendiri oleh Dinas Kesehatan tidak memungkinkan di tengah keuangan daerah yang terbatas," ungkapnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar