49 Orang Meninggal dalam Sehari di Italia Akibat Virus Corona, 72 Persen Laki-laki

  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 17:49:38 WIB | Di Baca : 1925 Kali

SeRiau - Italia melaporkan adanya peningkatan 197 kasus meninggal akibat virus corona. 

Hal itu menjadi tambahan kasus meninggal tertinggi di negara tersebut sejak dimulainya wabah virus corona. 

Melansir BBC (7/3/2020), Pejabat setempat mengatakan 49 orang telah meninggal dalam 24 jam, sementara lebih dari 4.600 kasus telah dilaporkan secara total.

Negara itu sekarang telah melaporkan kematian terbanyak di luar China, tempat virus itu muncul pada Desember 2019.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan hampir 100.000 orang di seluruh dunia telah terjangkit virus corona.

Lebih dari 3.000 orang tewas, mayoritas di China.

Direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut penyebaran virus "sangat memprihatinkan" dan mendesak semua negara untuk membuat penahanan "prioritas tertinggi mereka" terhadap virus corona. 

Lantas, apa yang terjadi di Italia?

Mayoritas meninggal berusia 81 tahun

Pada Jumat (6/3/2020), para pejabat mengumumkan rekor kematian harian dalam sebuah pernyataan. 

Mereka mengatakan jumlah itu tidak dapat dikonfirmasi secara resmi sampai pejabat kesehatan telah "menetapkan penyebab sebenarnya kematian".

Lembaga kesehatan nasional mengatakan usia rata-rata mereka yang telah meninggal adalah 81 tahun, dengan mayoritas menderita masalah kesehatan. Diperkirakan 72 persen dari semua yang telah meninggal adalah laki-laki.

Italia memiliki salah satu populasi tertua di dunia.

Menurut data pemerintah, 4,25 persen orang yang dikonfirmasi memiliki virus corona telah meninggal, tingkat tertinggi di dunia.

Penutupan sekolah 10 hari di Italia 

Pemerintah minggu ini memerintahkan penutupan semua sekolah selama 10 hari karena berjuang untuk mengatasi wabah tersebut.

Semua olahraga profesional, termasuk pertandingan sepak bola Serie A, juga akan dimainkan secara tertutup selama sebulan.

Wartawan BBC Roma Mark Lowen mengetwit bahwa seorang penduduk di kota Codogno Italia yang dikarantina mengatakan kepadanya hal yang paling menjengkelkan bagi banyak orang di sana adalahtidak diizinkan mengadakan pemakaman untuk korban virus corona untuk membatasi pertemuan.

"Para imam mengucapkan beberapa doa, dan hanya itu," tulisnya.

Sementara itu, di Vatikan, yang melaporkan kasus pertama virus itu pada Jumat (6/3/2020) mengatakan sedang mempertimbangkan agar Paus mengirimkan alamat Angelusnya pada hari Minggu (8/3/2020) melalui video daripada dari jendela di Vatikan, untuk menghindari penarikan kerumunan yang besar.

Paus, yang menderita flu, baru-baru ini dites negatif untuk virus corona, lapor media Italia.

Kasus virus corona di berbagai negara

Hanya China, Korea Selatan, dan Iran yang melaporkan lebih banyak kasus virus corona daripada Italia.

Hingga Sabtu (7/3/2020), Korea Selatan telah memiliki 7.041 kasus dan 46 kematian. Iran telah memiliki sekitar 3.500 kasus dan 124 kematian meskipun angka-angka ini diyakini diremehkan.

Sementara, Florida melaporkan dua kematian pada Jumat (6/3/2020), menjadikan angka kematian AS menjadi 16 dengan lebih dari 200 kasus yang dikonfirmasi.

Kematian lainnya adalah di negara bagian pantai barat California dan negara bagian Washington.

Itu terjadi ketika Presiden AS Donald Trump menandatangani RUU darurat senilai 8,3 miliar  dollar AS untuk mencoba memerangi wabah tersebut.

Di California, 21 kasus virus corona telah dikonfirmasi pada kapal pesiar Grand Princess yang ditahan di lepas pantai dekat San Francisco. Kapal pesiar adalah kapal yang berelasi dengan Diamond Princess, yang merupakan lokasi wabah utama virus korona saat ditambatkan di Jepang.

Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan Grand Princess akan dikirim ke dermaga non-komersial selama akhir pekan di mana semua 3.533 penumpang dan awaknya akan diuji. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar