Pemerintah Akan Bentuk Satgas Virus Corona

  • Rabu, 04 Maret 2020 - 19:31:30 WIB | Di Baca : 1958 Kali

SeRiau - Pemerintah belum juga membentuk crisis center atau pusat penanganan corona. Tapi, Menko PMK Muhadjir Effendy memastikan pemerintah akan membentuk satuan tugas (Satgas) khusus penanganan corona.

"Yang penting bahwa sekarang akan kita bentuk semacam, bukan crisis center, tapi semacam satuan tugas yang terutama memang akan melakukan tracking setiap ada kasus akan kita telusuri sampai sejauh mungkin," kata Muhadjir Effendy, Rabu (4/3)

Nantinya dengan dibentuknya Satgas, kata Muhadjir, akan diketahui mata rantai dari penyebaran virus corona. Dia menegaskan pemerintah akan aktif menanggulangi wabah virus bernama ilmiah COVID-19 itu.

"Ya proaktif-kan. Sekarang kan tiap hari ada update hasil polymerase chain reaction (PCR) kita di seluruh Indonesia," ujar Muhadjir.

Sementara itu, Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan tengah menggodok opsi membentuk Panitia Khusus (Pansus), Panitia Kerja (Panja) maupun tim Pengawas (Timwas) terkait penanganan corona. 

Anggota Komisi IX DPR F-PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan pembahasan masih berjalan di internal komisi.

"Sejauh ini Komisi IX sudah membicarakan kemungkinan-kemungkinan apakah membuat panja atau perlu membuat pansus atau timwas tapi kita belum memutuskan karena ini keburu reses," ujar Saleh di Kantor Kemenkes, Jakarta Selatan, Rabu (4/2).

Belum ada keputusan resmi perihal hal itu. Sebab DPR saat ini masih menjalani masa reses. Masa sidang akan dibuka kembali pada 22 Maret mendatang. 

Selain di Komisi Kesehatan DPR, Komisi Pertahanan (I) DPR juga tengah memikirkan opsi membentuk Panja Ketahanan Corona. Penggagasnya adalah Anggota F-Golkar Bobby Adhitya Rizaldi. Nantinya Panja COVID-19 mitra utamanya adalah Kemhan dan BIN. 

"Panja ini akan memastikan kelengkapan instrumen ketahanan negara dalam menghadapi dampak multidimensi virus corona, baik dari aspek kesiapan pencegahan penyebaran, penangkalan, dan pemulihan, dan dampak ekonomi," kata Bobby kepada wartawan, Kamis (27/2). (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar