Liga 1 Terancam Corona, Kemenpora Tunggu Kemenkes

  • Selasa, 03 Maret 2020 - 21:06:35 WIB | Di Baca : 1721 Kali

SeRiau - Pemerintah RI melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum mengeluarkan rekomendasi atau instruksi taktis terkait keolahragaan nasional. Beberapa ajang olahraga seperti Liga 1 Indonesia dan Indonesian Basketball League pun masih berjalan sesuai jadwal. 

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto menyatakan, pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi atau imbauan terkait keolahragaan. ''Belum (ada imbauan)," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (3/3).

Kemenpora masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai lembaga yang berkompetensi menyikapi antisipasi wabah virus corona. Gatot menegaskan, masih menjalankan komunikasi antara Kemenpora dan Kemenkes terkait fenomena ini. "(Komunikasi) sedang berlangsung," ujarnya. 

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan, tetap mengirim atlet ke Inggris untuk mengikuti kompetisi All England. Mereka akan bertolak ke London pada Sabtu (7/3) mendatang. Seperti diberitakan BBC, setidaknya sudah ada 33 kasus COVID-19 hingga Senin kemarin. 

Sekjen PBSI, Achmad Budiharto, berharap di saat wabah virus corona yang belum mereda, federasi bulutangkis dunia (BWF) tidak membatalkan kejuaraan yang sudah dijadwalkan. Namun untuk mengantisipasi, pihaknya selalu menjalin komunikasi dengan BWF dan menjaga kondisi atlet yang berada di tempat pemusatan latihan. 

"(Atlet) tetap latihan. Kami berharap di BWF kejuaraan tidak ada yang di-cancel. Harapan kami corona segera tertangani dengan baik sehingga semua jadwal olahraga bisa berjalan sesuai rencana," ucapnya, kemarin.

Di satu sisi, PBSI pun tetap memulai langkah persiapan menuju gelaran Indonesia Terbuka 2020 pada Juli mendatang. Budi mengatakan, pihaknya sudah bersurat kepada Kemenpora RI untuk meminta arahan dan pendampingan jelang turnamen BWF Super 1000 tersebut.

"Hari ini kami sudah mengirim surat kepada Kemenpora untuk meminta arahan dan juga jaminan agar kejuaraan Indonesia Open bisa tetap berlangsung. Induk semuanya kan pasti di Kemenpora, mudah-mudahan bisa berkoordinasi dan bisa berikan bantuan dan lanjutan," katanya. (**H)


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID





Berita Terkait

Tulis Komentar