Guru Besar Unair Ungkap Aneka Tanaman Rimpang Bisa Cegah Virus Corona

  • Senin, 02 Maret 2020 - 18:54:36 WIB | Di Baca : 2493 Kali

SeRiau - Pada Senin (2/3) Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, telah mengumumkan dua WNI yang positif terjangkit virus corona (Covid-19).

Menanggapi keadaan ini, Prof. Dr. C.A. Nidom, Guru besar Biologi Molekular Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengatakan, masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan tanaman rimpang atau empon-empon seperti kunyit, temulawak, temu putih, temu mangga, temu hitam, dan jahe untuk membantu menjaga kekebalan tubuh.

Nidom melalui penelitiannya pernah menjelaskan khasiat empon-empon untuk menangkal efek Flu Burung pada 2007 lalu.

Dalam penelitian itu, Nidom menyebut jika ada dua strategi untuk menghilangkan penyakit. Dimana empon-empon dapat digunakan sebagai strategi kedua.

"Pertama membunuh virus melalui vaksin atau obat antiviral. Kedua menghilangkan efek akibat infeksi virus. Jadi empon-empon ini bisa digunakan sebagai strategi kedua," ujar Nidom ketika dihubungi Basra, Senin (2/3).

Nidom menjelaskan, jika efek yang ditimbulkan virus corona sama halnya dengan flu burung. Yakni dapat menyebabkan gangguan pernafasan hingga pneumonia berat.

"Karena virus-virus tersebut akan menginfeksi paru-paru, sehingga menyebabkan keluarnya zat yang disebut sitokin. Ketika sitokin keluar, bukan hanya virus yang mati, tetapi sitokin tersebut juga merusak sel paru," jelas Nidom.

Parahnya, sel yang rusak oleh sitokin tersebut akan mengelurkan sitokin secara terus-menerus. Sehingga paru-paru akan dipenuhi oleh sitokin dan mengakibatkan banjir sitokin (cytokine storm).

"Jadi kerusakan paru, bukan hanya disebabkan oleh virus tapi badai sitokin. Empon-empon ini bisa digunakan untuk menyetop produksi sitokin. Karena empon-empon memiliki kandungan curcuma yang baik bagi tubuh," tambahnya.

Dengan adanya penelitian itu, Nidom ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali menggunakan empon-empon atau rempah-rempah saat memasak atau menyeduh minuman bubuk.

"Mari kita kembali ke bahan makanan yang sudah diturunkan oleh leluhur kita. Sebab bahan tersebut (empon-empon) sudah terbukti khasiatnya dan cocok dengan tubuh orang Indonesia," pungkasnya. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar