Persiapan PON, KONI Riau Minta Binpres Pantau Perkembangan Atlet

  • Senin, 02 Maret 2020 - 11:22:01 WIB | Di Baca : 848 Kali
Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis

SeRiau - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua tinggal beberapa bulan lagi. Pembinaan atlet pun terus dilakukan KONI Riau untuk menghadapi PON XX 2020.

Dalam waktu dekat, KONI Riau akan melakukan tes fisik dan kesehatan serta psikologi bagi atlet-atlet Riau yang lolos PON. Seiring dengan itu, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, juga menghimbau kedapa Bidang Pembinaan Prestasi agar terus memantau perkembangan atlet selama lebih kurang delapan bulan ke depan.

"Saya minta Binpres. Bahwa kita sudah melihat atletnya, sudah lihat rekam jejaknya, mana atlet yang diprioritas pertama. Jangan sampai dalam waktu 8 bulan ini mereka makin menurun," kata Emrizal, Senin (2/3/2020).

Loading...

"Ini kan memerlukan dukungan kita untuk membuat daya ungkitnya. Mereka yang hari ini akan masuk medali emas, harus kita ikuti. Jangan sampai makin menurun mentalnya, psikologinya, semangatnya, latihannya," jelasnya.

"Nah ini kita melihatnya seperti apa. Mereka yang sudah tahu kita rekam jejaknya, jangan hanya menargetkan medali saja, akan tetapi sudah menargetkan medali emas," terangnya.

Emrizal berharap agar atlet-atlet yang ditargetkan medali emas tetap dijaga kestabilannya. "Jangan sampai mereka menurun. Kalau mereka menurun, harus diperkuat kembali, baik itu teknik, fisik, harus diperkuat lagi," imbuhnya.

"Kalau kita lihat cabang olahraga, ada yang mungkin mendapatkan lebih dari dua medali emas. Seperti renang, senam, anggar, angkat berat angkat besi, menembak. Lima cabang olahraga ini tidak bisa diabaikan. Ini yang harus kita jaga untuk meletakkan target meraih medali emas tadi," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, atlet yang berada di prioritas kedua perlu juga supporting. Dengan target medali perak atau perunggu, bagaimana caranya agar mereka bisa membuat kejutan nantinya.

"Dari peringkat dua atau ketiga, kemungkinan mereka bisa meraih medali emas. Dan ini perlu juga kita carikan solusinya. Apakah dengan try out dan try ini ataupun training camp," harapnya.

"Jadi kita sudah harus persiapkan langkah yang akan kita lakukan," pungkasnya. (**H)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar