Jelang TC Berjalan, KONI Riau Akan Lakukan Tes Fisik Bagi Atlet PON

  • Kamis, 27 Februari 2020 - 15:49:07 WIB | Di Baca : 1827 Kali
Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis

SeRiau - Menjelang pelaksanaan training center (tc) berjalan untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau akan melalukan tes fisik bagi atlet Riau yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. 

Ketua KONI Riau Emrizal Pakis, mengatakan, tes fisik atlet PON Riau dilakukan untuk melihat tingkat kemampuan fisik atlet secara medis.

"Tes ini kita utamakan kepada kemampuan fisiknya, apakah kemampuannya itu sudah cukup atau lemah. Itu kita lihat tingkat kemampuan fisik secara medisnya, secara teorinya," kata Emrizal, Kamis (27/2/2020).

Untuk melaksanakan tes fisik tersebut, pihaknya akan mendatangkan tenaga professional dari perguruan tinggi dan tenaga kesehatan. Dengan tes fisik itu akan dilihat dari segi pendekatan fisiknya, kesehatannya.

Setelah dilihat dari segi fisik, pihaknya juga akan melakukan tes psikologi. Hasil dari tes fisik akan dipadukan dengan psikologi. 

"Kita lihat dari penguatan mental. Dan ini bisa dilakukan dengan cara sering bertanding, mengikuti berbagai iven. Dan mental ini juga dilihat dari tingkat kepercayaan dirinya, keyakinan. Maka dari itu perlu dilihat dari psikologinya," terang Emrizal.

Ia berharap, tes fisik tersebut dapat dilaksanakan pada bulan Maret ini. Sehingga pada bulan April nangi sudah bicara teknik, bagaimana cara meningkatkan kelemahan fisik yang sudah di pelajari dari tes yang telah dilakukan.

Secara teknis kata Emrizal, tes fisik ini akan dilakukan per cabang olahraganya. Setelah itu akan kelihatan kriteria kemampuan fisiknya.

"Sehingga pada saat tc berjalan bisa mengejar apa yang menjadi kelemahan atlet," sebutnya.

Ia juga mengatakan bahwa tes fisik ini khusus untuk atlet Riau yang lolos PON. Tes ini juga khusus untuk atlet di Riau, tidak hanya atlet Riau yang berada di Pekanbaru, akan tetapi juga atlet yang tc berjalannya di Bengkalis, dan di beberapa Kabupaten lain. Semeo itu, untiki atlet PON di luar Riau akan diupayaka dengan cara yang lain

"Untuk saat ini, apa yang bisa kita siapkan untuk PON, ya kita siapkan," tegasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar