Ikan "Ngongai" Jadi Maskot Porprov Riau 2021 di Kuansing

  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 19:37:43 WIB | Di Baca : 4066 Kali

SeRiau - Dalam Rapat Anggota KONI Riau tahun 2020 di Hotel Arya Duta, Sabtu (15/2), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau ke X, tahun 2021 mendatang.

Bupati Kabupaten Kuansing, Mursini, yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Besar (PB) Porprov X itu membuktikan kesiapan kesiapan sebagai tuan rumah Porprov dengan melaporkannya pada rapat anggota KONI Riau tahun 2020.

Mursini langsung membuktikan kesiapan Kuansing dengan mengekspose maskot Porprov X, yakni salah satu ikan langka yang ada di sungai Indragiri, Ikan Ongongai (Si Ngongai).

"Si Ngongai ini merupakan salah satu ikan langka yang ada di sungai Indragiri, ikan ini ikan purba endemik dari Sungai Kuantan. Terinspirasi dari ikan inilah kami menjadikannya sebagai maskot Porprov X 2021 di Kabupaten Kuansing. Ikan ini tidak di semua sungai ada, bahkan mencarinya pun sulit," kata Mursini.

"Si Ngongai, makna dari maskot ini adalah, semangat juang jati diri meraih prestasi membawa marwah negri. Ngongai hidup di perairan deras memaknakan porprov X, terselenggarakan atas kegigihan dan kerja keras semua pihak," sebutnya.

"Ikan Ngongai ini mencari makan secara berkelompok, memaknakan kesuksesan Porprov X, ini terwujud atas kerjasama semua pihak," ujar Mursini.

“Insya Allah, kesiapan kami untuk venue cabang olahraga bisa kami selesaikan. Dengan penganggaran di tahun ini, ada beberapa venue yang belum selesai, tapi sudah ada dan kami berani menyampaikan persentasenya,” tambah Mursini.

Diketahui juga, pada Porprov X 2021 di Kuansing, akan mempertandingkan 27 cabang olahraga. Diantaranya, sepak bola, futsal, dayung, senam, tinju, panahan, muathay, angkat besi dan berat, menembak, renang, atletik, tenis meja, balap motor, pentaque, tenis lapangan, panjat tebing, silat, karate, catur, bulu tangkis, sepak takraw, bola basket, kempo, dan tarung drajat. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar